Categories
partisi sliding wall

4 Cara Membagi Ruang Dengan Partisi Sliding Wall

Sesuai dengan namanya, partisi sliding wall merupakan dinding geser yang bisa dibentuk dengan bantuan lintasan yang sudah tersedia di langit-langit ruangan. Lintasan ini sudah dibuat sedemikian rupa supaya bisa mendukung fleksibilitas pemasangan dan pemakaian.

Keberadaan dinding geser ini memfasilitasi kebutuhan pasar yang mungkin butuh merubah ruang sewaktu-waktu. Atau membagi satu ruang menjadi dua ruang yang lebih kecil. Dengan memakai dinding geser ini, partisi ruang akan jauh lebih mudah dilakukan secara praktis dan ekonomis.

Nah, sebelum membagi ruang menjadi dua atau lebih ruang kecil. Anda perlu Mempertimbangkan beberapa hal supaya partisi ruangan bisa terlihat estetik dan bisa berfungsi secara maksimal. Bagaimana caranya?

Begini cara membagi ruang dengan partisi sliding wall

Untuk bisa mendapatkan desain ruangan dengan pemanfaatan maksimal, berikut ini adalah tips pembagian ruang menggunakan dinding geser berpartisi:

Cara Membagi ruangan dengan partisi sliding wall
Cara membagi ruang dengan partisi sliding wall

1.      Membuat susunan tata letak

Sebelum mulai merubah ruangan, hendaknya Anda membuat rencana denah ruang yang akan dibuat. Buatlah denah lantai dengan menyesuaikan garis-garis lintasan partisi dinding geser.

Biasanya lintasan yang dipasang pada ruangan kecil dengan ruangan besar dengan konsep terbuka berbeda. Jadi, perhatikan dengan seksama.

Saat membuat denah lantai, Anda perlu mengukur ruangan menggunakan meteran. Kemudian gambarlah dalam bentuk sketsa gambar. Bisa melalui komputer atau di kertas. Pilih yang paling nyaman menurut Anda.

Jangan dulu rubah ruangan sebelum denah yang Anda buat benar-benar sudah fix atau pasti. Kalau pun mau merubah desainnya, ubah dulu dalam bentuk sketsa.

2.      Tujuan yang jelas

Untuk membantu membuat desain dengan baik, tidak bimbang dan ragu, sebaiknya tentukan dulu tujuan ruangan tersebut dengan jelas. Sebagai contoh, sebuah ruangan besar di basement bisa dipisah menjadi ruangan untuk menonton film di rumah dan ruang baca kecil di sudut ruangan tersebut.

Anda juga memisahkan ruang besar menjadi dua kamar tidur untuk anak-anak di rumah. Dengan pemisahan kamar ini, anak-anak akan memiliki privasinya masing-masing.

3.      Gaya dekorasi dan fungsi ruangan

Setelah pasti tujuan dan tata letaknya dalam bentuk sketsa, mulailah menentukan gaya dekorasi yang Anda inginkan. Sesuaikan dekorasi ini dengan fungsi ruangan.

Sebagai contoh, jika Anda memisahkan dua ruangan untuk dijadikan ruang teater dan ruang baca, maka model partisi dinding geser kayu bisa menjadi pilihan yang baik. Karena kayu cukup mampu meredam suara film yang diputar di ruang teater agar tak terdengar di ruang baca.

Dinding kayu juga bisa memberikan efek tradisional dan lebih alami. Sangat cocok untuk tempat membaca supaya bisa lebih fokus.

Menurut howstuffworks, jika Anda ingin membuat dua kamar tidur dari satu ruang yang besar, maka bisa dibuat dari satu dinding permanen dan satu dinding partisi geser.

Untuk dinding partisi geser, cobalah menggunakan dinding partisi kaca buram. Kaca buram bisa memberikan privasi kepada masing-masing pemilik kamar. Di sisi lain, bahan kaca juga cukup bisa memberikan efek kedap suara.

Dengan pilihan bahan kaca, kamar tidur juga memiliki sirkulasi udara yang baik. Ruang kamar jadi tidak lembab dan nyaman untuk tidur. Cahaya yang masuk di dalam kamar juga bisa menjadi nilai tambah tersendiri buat kamar tidur.

4.      Alternatif lainnya

Dengan partisi sliding wall, Anda tidak hanya bisa membagi satu ruangan menjadi dua ruangan berbeda. Tetapi juga jadi tiga ruangan. Misalnya, membagi satu ruangan menjadi 2 kamar tidur dan 1 kamar untuk bermain anak berkonsep terbuka.

Hal ini dimaksudkan agar anak merasa bebas dan leluasa dalam bermain. Sehingga bisa mengekplorasi diri dengan baik.

Asalkan dilakukan dengan tata letak dan model yang baik, ruang kerja baru yang didapatkan dengan partisi sliding wall tetap memberikan fungsi yang memadai dengan desain yang apik.

Baca juga

Manfaat Partisi Sliding Wall Untuk Di Erak Sekarang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *