Categories
Pintu Partisi lipat

4 Jenis Pintu Lipat & Kegunaannya, Anda Harus Tahu!

Ingin coba pakai pintu partisi lipat / sekat ruang lipat di rumah atau di gedung? Inilah pilihan jenis, bahan, dan penggunaannya. Jangan sampai Anda salah pilih pintu biar tidak menyesal.

Mayoritas orang kini senang dengan konsep pintu lipat sebagai partisi. Sesuai dengan namanya, konsep lipat ini berbeda dengan geser. Kalau geser, pegangannya cukup satu dan tinggal digeser.

Sedangkan untuk lipat, partisinya secara umum terbagi dalam beberapa bagian. Ukuran masing-masing bagian sama dan bisa dibuka per bagiannya. Bingung? Kami akan mengulasnya agar jelas!

Bentuk dan karakteristik pintu partisi lipat

bentuk dan karakteristik pintu partisi lipat

Partisi dengan konsep lipat umumnya terdiri dari beberapa pintu yang digabungkan menggunakan engsel atau bahan tertentu. Biasanya masing-masing pintu memiliki panjang, lebar, dan tinggi yang sama.

Selain itu, bahan yang digunakan juga sama persis. Kalaupun ada yang menambahkan logo di finishing-nya, cukup di beberapa bagian dari pintu tersebut atau secara keseluruhan.

Bagian pintu tersebut bisa dibuka satu saja, atau secara menyeluruh dan ditaruh di bagian pinggir. Bila dibuka satu, berarti fungsinya hanya sebagai pintu.

Namun bila dibuka secara menyeluruh, artinya pemanfaatan ruangnya lebih luas karena ruangan jadi berbentuk menyerupai aula. Di sini, fungsinya adalah sebagai dinding portabel yang bisa dialih fungsikan dengan mudah.

Soal penggunaan, produk ini bisa dipakai di rumah dan gedung. Terserah pemiliknya.

Inilah 4 jenis partisi lipat dan kegunaannya

Jika melihat ke pinterest, ada banyak sekali pilihan pintu berkonsep lipat yang ditawarkan. Tak hanya untuk gedung dan kantor, produk ini bisa juga digunakan pada rumah minimalis.

Pintu lipat konsep kaca

Bahan yang digunakan pertama kali adalah kaca. Produk ini biasanya digunakan pada rumah dan gedung. Sangat fleksibel.

Hal ini karena kaca bisa memberikan dimensi luas pada sebuah ruangan. Jadi, saat digunakan pada rumah minimalis, ruangan akan tampak lebih luas, tidak sempit, dan tidak pengap.

Demikian juga saat diterapkan di kantor, sebagai sekat ruangan kerja dan ruang meeting. Meski luasnya kecil, kalau pakai kaca akan terasa lebih luas.

Pencahayaan yang diterima juga bisa lebih maksimal sehingga bisa menghemat pemakaian energi listrik sehari-hari.

Agar aman, kaca biasanya digabungkan dengan bahan lain sebagai kerangka atau pinggiran. Bisa dari aluminium atau kayu.

Bahan kayu untuk partisi lipat

Bahan kayu juga menjadi salah satu yang cukup populer. Bila digunakan secara utuh, pintu lipat kayu biasanya dipakai sebagai sekat ruangan kantor. Cirinya adalah lebar kayunya tak terlalu besar. Namun cukup tinggi sampai menyamai tembok. Penghubungnya biasanya engsel.

Kayu membuat desain ruang menjadi terasa lebih klasik sehingga cocok juga diterapkan di rumah-rumah sebagai pengganti dinding. Cocok sebagai pembatas ruangan dapur dan keluarga.

Kemampuannya dalam meredam suara juga baik sehingga sangat direkomendasikan.

Bahan PVC untuk folding doors

Berbeda dengan dua bahan sebelumnya, PVC memiliki berat yang sangat ringan. Partisi ini juga sangat fleksibel karena bisa dibuka tutup dengan lebar sempit atau luas.

Mayoritas dipakai di rumah-rumah, sebagai sekat ruangan yang portabel. Namun, bila Anda merasa produk ini cocok untuk dipakai di ruang kerja di kantor, gunakan saja. Tidak masalah.

Yang perlu dipertimbangkan adalah kemampuannya dalam meredam suara tidak baik. PVC hanya memberi privasi dan ringan dalam pengoperasian.

Bahan campur terbaik yang multifungsi

Selain produk di atas, kini ada produk dari Pireki yang bahannya merupakan bahan pilihan terbaik di kelasnya sehingga bisa multifungsi. Bisa sebagai sekat ruangan yang praktis dan ringan, juga bisa memberikan keamanan buat pemakainya.

Itulah beberapa konsep dan desain pintu partisi lipat yang bisa digunakan di rumah dan gedung-gedung. Selalu cari produsen terbaik supaya Anda produk tetap bergaransi dan aman.

Baca Juga

Dinding Partisi Portable Memiliki 7 Manfaat yang Instalasinya Praktis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *