Categories
pintu partisi geser

5 Cara Mengatasi Pintu Partisi Geser Yang Bermasalah

Salah satu masalah yang sering dijumpai pada pintu partisi geser adalah macet. Ketika hendak membuka pintu, tiba-tiba terhalang sesuatu atau macet karena gaya geseknya kuat. Hal ini tidak akan menjadi masalah jika kita tahu cara merawat pintu geser.

Setidaknya ada 5 masalah umum yang biasanya terjadi pada pintu geser, semuanya punya solusi masing-masing. Sebagai pemilik kita harus tahu solusi tersebut supaya pintu bisa tahan lama dan berperforma dengan baik.

Ada 5 cara mengatasi masalah umum pada pintu partisi geser, simak!

Berikut ini adalah beberapa masalah umum yang terjadi pada pintu geser dan trik penanganannya:

Macet atau pintu sulit digeser

Salah satu penyebab macet pada pintu geser menurut The Old House adalah tertumpuknya debu atau puing-puing kotoran dan rambut di sepanjang lintasan rel. Oleh karena itu, bagian lintasan pintu harus sering dibersihkan.

Ketika menyapu atau membersihkan ruangan, perhatikan bagian dalam lintasan ini sehingga kotoran yang ada di dalamnya juga ikut terambil. Gunakanlah spons basah atau vacuum agar kotoran-kotoran kecil bisa menempel dan dapat dikeluarkan dengan sempurna.

6 cara membersikan pintu partisi geser

Membersihkan pintu geser secara rutin amat penting dilakukan untuk menghindari penumpukan kotoran. Kalau sudah terlanjur terjadi penumpukan kotoran, maka cara membersihkannya mungkin lebih ribet karena perlu sedikit membongkar pintu geser tersebut.

Masalah keselarasan

Masalah lain yang sering dirasakan adalah rel atas bawah yang tidak selaras saat digeser. Solusinya adalah dengan melepas pintu dari trek kemudian memasangnya kembali.

Pastikan untuk meluruskan rel bagian atas dulu baru ke bagian bawah. Untuk melakukan ini, kemungkinan sekrup bagian atas perlu diputar agar penyesuaiannya bisa dilakukan dengan lancar. Setelah selaras, kembalikan posisi sekrup seperti semula.

Kaca pecah

Saat ini pintu partisi geser kaca memang sudah tersedia dalam pilihan bahan kaca anti pecah. Namun demikian, pecahnya kaca bukanlah hal yang mustahil terjadi. Selalu ada kemungkinan bahwa kaca bisa pecah atas sebab tak terduga.

Misalnya karena dorongan, sengaja dipecahkan oleh maling, atau semacamnya.

Jika ini yang terjadi, maka solusinya adalah berkonsultasi kepada ahlinya. Carilah pengrajin kaca atau cobalah datang ke toko di mana Anda membeli pintu geser tersebut.

Namun, jika Anda sendiri adalah seorang profesional atau sudah terbiasa mengerjakan ini sendiri, silakan perbaiki kaca tersebut sendiri. Ukur kebutuhan kaca, cari bahan kaca terbaik, dan pasang sesuai dengan ketrampilan.

Kunci yang rusak

Pemasangan kunci atau lock case tergolong mudah. Yang dibutuhkan hanya obeng dan pisau. Obeng digunakan untuk membuka sekrup yang menempelkan segel ke pintu. Sementara pisau berguna untuk mencungkil jika mengalami kesulitan saat hendak melepas segel tersebut. karena kadang ada beberapa segel yang tak hanya menempel dengan sekrup tetapi juga diperkuat dengan lem.

Berat saat digeser

Hal yang perlu dilakukan secara rutin pada pintu geser selain menjaga kebersihan adalah menjaga tingkat kelicinan lintasan. Langkah ini biasanya dilakukan setelah pintu geser dibersihkan.

Tujuan pemberian cairan pelicin adalah agar trek tidak cepat aus, gaya geseknya kecil, dan saat digeser bisa terasa lembut dan halus. Pintu jadi jauh lebih mudah digeser, enteng atau tidak berat.

Itulah beberapa cara merawat dan mengatasi masalah umum yang terjadi pada pintu partisi geser. Tentu saja ada beberapa bagian yang perawatannya hanya bisa dilakukan oleh para ahli. Maka amat sangat penting untuk membeli pintu sekat ruangan yang berkualitas dan terbaik.

Baca juga

Cara Cerdas Memilih Desain Pintu Partisi Geser Untuk Sekat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *