Categories
pintu partisi geser

Cara Cerdas Memilih Desain Pintu Partisi Geser Untuk Sekat

Ketika berselancar di internet dan mencari ide desain pintu partisi geser, maka Anda akan menemukan banyak sekali pilihan. Mulai dari yang simpel dengan satu atau dua panel, hingga model bertumpuk yang membuat bukaan rumah menjadi lebih luas.

Sayangnya, kadang kita justru bingung untuk menentukan pilihan ketika tersedia banyak sekali informasi. Inginnya A, butuhnya B. Maunya C, tapi yang D juga bagus. Begitulah kira-kira dilemanya saat hendak memilih sebuah pintu untuk rumah.

Hal ini wajar, sebab bagaimana pun pintu bukanlah benda yang kita pakai lepas dalam satu dua tahun. Pintu dipasang di rumah dalam puluhan bahkan ratusan tahun.

Begini cara pintar memilih desain pintu partisi geser terbaik

Tidak usah bingung, ada beberapa poin yang bisa menjadi pertimbangan ketika hendak membeli sebuah pintu geser. Apa saja?

Desain Pintu Partisi Geser Frame Gelap
Contoh Desain Pintu Partisi Geser Kaca Frame Gelap

Tahu prioritas utama

Mulailah dengan prioritas. Tanyakan pada diri Anda kenapa harus pintu geser, kenapa tidak menggunakan pintu biasa saja. Dari sini akan muncul beberapa ide dasar desain pintu geser untuk rumah.

Cari inspirasi desain sekat ruangan

Ada banyak desain sekat ruangan yang tersedia secara online, mulailah menggali informasi dan mengumpulkan inspirasi. Tentukan mana yang paling pas buat rumah minimalis Anda.

Untuk partisi ruangan apa?

Salah satu cara untuk menemukan desain yang paling cocok dari sekian banyak desain yang ada adalah dengan mengenali kebutuhan. Yaitu dengan mengetahui mau ditempatkan sebagai sekat ruangan apa pintu tersebut.

Misalnya Anda hendak memilih pintu yang akan menjadi sekat antara ruang dapur dan ruang keluarga. Artinya pintu ini menjadi salah satu item desain interior.

Untuk partisi dua ruangan ini, biasanya pintu geser yang akan dipilih adalah yang simpel dengan dimensi yang tidak terlalu luas. Karena fungsinya hanya sebagai akses keluar masuk namun tetap bisa menghemat ruang.

Berbeda dengan pemilihan model pintu partisi geser yang menyekat ruang keluarga dengan taman belakang rumah. Desain yang dipilih biasanya memiliki dimensi yang lebih besar. Juga memilih bahan yang transparan dan mudah dibersihkan seperti kaca. Tujuannya adalah agar sirkulasi udara menjadi lebih bagus, cahaya matahari lebih bebas masuk ruangan, dan pemandangan di luar bisa dinikmati secara sempurna.

Kenali jenis pintu geser

Tak ada salahnya mengenali jenis pintu geser untuk membantu menentukan pilihan. Menurut emeralddoors, jenis pintu geser berhubungan erat dengan desain interior dan eksterior sebuah rumah.

Sedangkan secara garis besar, pintu geser dibagi menjadi dua kriteria. Pertama, pintu yang dapat dibuka menyamping (pegangan pintunya hanya ada di salah satu panel). Kedua, pintu yang bukaannya berada di tengah (pegangan pintunya ada di kedua panel pintu).

Dua kriteria pintu ini biasanya hadir dengan beragam jenis, ada yang single dan ada yang dobel. Jenis pintu single umumnya memiliki relnya atas yang menggantung di tembok. Hanya ada satu lubang pintu dan inilah bagian yang tertutup oleh panel pintu geser tersebut.

Sesuaikan dengan konsep rumah

Setiap rumah punya konsep dasar dan tema utama. Ada yang membawa tema utama bergaya klasik dan ada yang modern. Setiap bagian dalam rumah hendaknya mendukung konsep ini sehingga didapatkan sebuah rumah dengan konsep yang kuat.

Terlebih sekarang ada banyak sekali gaya arsitek pintu geser. Dari gaya klasik hingga modern. Dari yang bernilai seni tinggi hingga yang paling simpel.

Soal ketersediaan desain pintu partisi geser, Anda tak perlu khawatir. Pintu geser ini kini bisa dipesan secara custom. Jadi, Anda bisa memilih dan membeli pintu sesuai dengan kebutuhan dan kemauan dengan melihat beberapa pertimbangan di atas.

Baca juga

Pro Dan Kontra Memasang Pintu Partisi Geser Kaca

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *