Inspirasi Desain Partisi Lipat Untuk Aula Dan Ruang Rapat

Meeting room atau ruang rapat dan aula merupakan dua dari sekian banyak ruangan yang biasanya dibuat dengan menggunakan partisi lipat. Salah satu alasannya menurut modularmovingconcepts adalah tingkat fleksibilitas. Sedangkan alasan lainnya adalah keleluasaan.

Pintu jenis ini sangat fleksibel karena bisa dipakai dan dipindah ke mana saja dengan mudah. Selain itu, kontrol terhadap seberapa besar ruangan atau space yang dibuat juga lebih besar. Pintu lipat juga bisa dibentuk sesuka hati jika memang diperlukan.

Pintu ini memiliki tingkat manajemen ruang yang bagus dan bisa diterapkan di setiap ruangan secara fleksibel. Baik ruangan di ruangan kecil maupun besar.

7 Ciri dan ide desain partisi lipat untuk aula dan ruang rapat

Untuk mendapatkan manfaat yang maksimal, carilah pintu lipat yang sesuai untuk ruang aula dan meeting room, di antaranya adalah:

Partisi lipat untuk ruangan aula atau ruang rapat
Partisi Lipat Untuk Ruang Aula Atau Ruang Rapat

1.      Partisi lipat kedap suara

Yang membedakan pintu lipat konvensional dengan pintu lipat yang dipasang di aula adalah kemampuannya dalam hal meredam suara. Fitur ini penting untuk dimiliki oleh partisi sliding yang dipasang di aula. Kenapa? Contoh di bawah ini akan menjelaskan alasannya.

Misalnya dalam sebuah aula besar diberi 2 partisi ruangan lipat agar aula tersebut membentuk 3 ruangan sekaligus. Tiga ruangan ini dibuat kelas untuk pelatihan. Dan setiap kali pelatihan, selalu digunakan microphone untuk memperbesar suara.

Nah, bayangkan jika pintu sebagai sekat ruangan tersebut tidak memberikan fitur kedap suara. Jelas, materi yang disampaikan dalam ketiga ruang akan saling bertabrakan. Peserta pelatihan bisa jadi terganggu karena materi tidak tersampaikan dengan baik.

2.      Bahan yang ringan tapi kuat

Agar bisa kedap suara, tentu partisi dibuat dengan bahan yang kuat dan kokoh. Namun, karena partisi ini harus bisa memenuhi syarat fleksibilitas dan cepat dilipat dalam kondisi darurat, maka bahan yang digunakan haruslah bahan yang ringan.

3.      Konsepnya minimalis

Desain yang dipakai dalam partisi sliding dalam ruangmeeting dan aula adalah minimalis. Simpel tapi modern dan bisa cocok dengan konsep ruangan apa saja. Tidak dominan atau terlalu menarik perhatian ketika dipasang dalam sebuah ruangan.

Bahkan, bisa dibilang kalau pintu ini harus bisa membuat orang melihatnya sebagai sebuah sekat ruangan biasa yang terbuat dari tembok.

4.      Berkualitas dengan akses mudah

Aula adalah ruangan yang besar dan sewaktu-waktu dibutuhkan untuk acara besar. Maka dari itu, pintu partisi yang dibeli dan dipasang harus memiliki kualitas yang bagus. Tujuannya agar produk tersebut bisa tahan lama. Karena pintu ini juga bagian dari investasi untuk aula atau ruangan tersebut.

5.      Multifungsi

Beberapa produk pintu lipat yang digunakan untuk ruangan rapat dan aula dibuat dari bahan yang menyerupai papan. Atau memang sengaja dilapisi bahan seperti papan agar bisa dipakai untuk menulis.

Misalnya dilapisi kaca agar bisa digunakan untuk rapat secara leluasa. Atau dipakai untuk menjelaskan pelatihan yang diadakan di aula.

Dengan demikian, selain bisa menjadi partisi ruangan, pintu lipat geser tersebut juga bisa jadi papan tulis. Multifungsi sekali.

6.      Warna netral

Warna yang dipilih untuk partisi lipat di dalam ruang meeting adalah warna-warna netral seperti krem dan putih. Frame-nya biasanya terbuat dari aluminium yang memiliki sifat ringan tapi kokoh.

7.      Tak bermotif atau polos

Agar bisa menyatu dengan tembok, pintu partisi ini juga tidak dibuat dengan motif alias polos. Kalaupun ada yang berbeda, biasanya hanya bertekstur saja. Dan tidak begitu terlihat kecuali diperhatikan dari dekat. Tampak jauh biasanya menyerupai tembok biasa.

Ciri-ciri desain partisi lipat untuk aula dan ruang rapat di atas bisa memberikan sedikit gambaran tentang poin penting yang perlu dipertimbangkan dalam membeli pintu lipat untuk ruang meeting. Jadi, semoga bermanfaat dan selamat mencari!

Baca juga

9 Kelebihan Menggunakan Sekat Ruangan Partisi Lipat