Categories
pintu partisi geser

Pintu Partisi Geser Memiliki 6 Desain Untuk Sekat Dapur

Pintu partisi geser merupakan pilihan yang paling tepat untuk diterapkan di rumah minimalis. Pintu ini tidak makan tempat dan bisa membuat ruangan terlihat lebih luas atau lega. Hasilnya, rumah akan tetap nyaman dengan space yang besar meski luas bangunan rumah sebenarnya kurang memadai.

Salah satu pemakaian pintu geser yang paling banyak dijumpai adalah di area dapur. Pintu ini berfungsi sebagai sekat yang memisahkan antara ruang dapur dengan ruang keluarga. Kenapa?

Di rumah minimalis, dapur biasanya dibuat di area yang terbatas dan tergolong kecil. Dapur ini kadang bahkan hanya berisi tempat kompor, tempat cuci piring, dan tempat iris-iris bahan ketika memasak. Semuanya dibuat dalam 1 garis lurus atau berbentuk huruf L. Tergantung jenis dapurnya.

Dari sinilah dibutuhkan sebuah pintu sebagai partisi. Agar ruangan dapur dengan ruangan lainnya tetap terasa nyaman dan menyatu dengan tema rumah.

Ini 6 pilihan desain pintu partisi geser untuk sekat dapur di rumah minimalis

Selain lega dan efisien, pintu sekat geser juga bisa memberikan manfaat lain. Sebagaimana ditulis di doorson, pintu geser bisa  mencegah dan mengunci bau masakan yang ada di dapur. Dan berikut ini adalah 6 ide pintu geser yang bagus buat dapur di rumah minimalis:

1.      Pintu kaca transparan

Desain yang paling umum digunakan pada area dapur adalah pintu geser dengan kaca transparan. Pintu jenis ini tidak akan membuat ruangan terasa sesak saat pintu dibuka. Juga akan memberikan kesan ruangan luas pada saat pintu ditutup.

Hal ini karena kaca transparan memberikan kesan ruangan terbuka, bisa langsung tembus ke dalam, dan memberikan efek luas bagi siapa saja yang melihatnya.

2.      Pintu kaca buram

Tujuan pemakaian pintu kaca buram pada dasarnya sama dengan pintu kaca transparan, yaitu memberikan kesan yang luas karena kesan ruangan terbuka. Bedanya, pintu kaca buram bisa memberikan nilai tambah dari segi privasi.

Desain Pintu Partisi Geser
Pintu Kaca Buram

Pintu ini cocok sekali buat ibu-ibu yang ingin aktivitas memasaknya tidak terganggu atau terlihat dari ruangan lain. Jadi, memasak bisa terasa lebih bebas.

3.      Desain colorful

Pintu geser dengan desain yang colorful tergolong sangat unik. Warna colorful ini akan memberikan kesan yang mencerahkan dan berbeda karena terlihat begitu kontras dengan warna tembok di rumah.

Selain itu, warna pada pintu juga akan menjadi fokus tersendiri di dalam dapur minimalis. Terlihat chic dan unique!

4.      Desain partisi geser dengan bahan kayu

Salah satu cara agar pintu partisi yang dipilih terlihat bagus adalah dengan menyesuaikan dengan tema rumah. Jika tema utama atau konsep rumah lebih ke arah alam dan menggunakan banyak sekali perabot dari kayu, maka ide desain pintu partisi geser kayu adalah pilihan yang tepat.

Setidaknya ada dua jenis pintu geser kayu, yaitu:

  1. Pintu geser dengan kayu sebagai frame yang dikombinasikan dengan kaca buram atau bening sebagai panelnya.
  2. Pintu geser berbahan full kayu.

Pemilihan pintu geser ini tentu harus disesuaikan dengan desain, konsep, dan kebutuhan rumah.

5.      Modern dan artistik

Untuk tampilan rumah yang lebih modern dan artistik, pilihlah model pintu yang modern dengan kombinasi garis atau bentuk-bentuk seni lainnya.

Agar bisa menyatu dengan konsep rumah minimalis, desain yang paling cocok digunakan adalah desain pintu dengan garis atau kombinasi seni yang simpel.

6.      Frameless

Penggunaan pintu geser frameless ini sudah cukup banyak dijumpai di Indonesia. Bentuknya sangat mirip seperti pintu geser otomatis yang biasanya ada di supermarket dan maal. Tapi untuk pemakaian di dapur, gunakanlah pintu geser yang manual.

Itulah beberapa pilihan model pintu partisi geser untuk dapur yang bisa menjadi inspirasi untuk desain interior rumah minimalis kali ini. Semoga bermanfaat.

Baca juga

Keuntungan Menggunakan Folding Door PVC

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *