Pro Dan Kontra Memasang Pintu Partisi Geser Kaca

Pintu partisi geser kaca bisa dibilang sebagai pintu geser terfavorit di Indonesia. Mayoritas rumah yang memasang pintu geser, memakai bahan kaca sebagai bahan utama panelnya. Mengapa demikian?

Hal ini tentu tak lepas dari  manfaat dan keunggulan dari pintu geser berbahan kaca dibanding bahan lainnya seperti kayu. Namun perlu diingat bahwa pintu geser berbahan kaca ini juga memiliki kelemahan, lho.

Beragam pro dan kontra pemasangan sekat ruangan dari kaca ini harus diketahui oleh setiap pemilik rumah. Supaya bisa makin yakin sebelum memasang sliding doors sebagai partisi ruangan.

Kenapa pintu partisi geser kaca sangat bagus untuk rumah minimalis?

Ada banyak alasan kenapa pintu geser berbahan kaca sangat populer, di antaranya adalah kelebihannya berikut ini:

Viewyang luas danchic

Salah satu bahan yang paling sering digunakan dalam membuat pintu geser adalah kaca bening. Sifat transparan yang dimiliki kaca bening memberikan kesan chic dan glam di rumah. Tampilan dua sisi ruangan terlihat begitu jelas. Dekorasi pun bisa terlihat lebih unik dengan gaya yang mewah dan cerdas.

Sebagaimana ditulis di sunrisewindows, pemilik rumah bisa menikmati pemandangan secara lebih baik dengan pintu kaca.

Tak perlu cahaya tambahan atau cahaya buatan

Memiliki pintu kaca transparan juga memungkinkan cahaya masuk ke rumah secara lebih leluasa, meskipun saat pintu dalam kondisi tertutup. Kelebihan ini sangat penting, khususnya pada saat musim hujan.

Saat hujan, rumah akan tetap aman karena air tidak bisa masuk. Tapi cahaya tetap bisa menyinari ruangan secara alami tanpa perlu tambahan listrik/lampu.

Memberikan ilusi tanpa batas pada ruangan

Sudah bukan rahasia jika kaca dan cermin merupakan item yang paling banyak dicari saat hendak membuat ilusi dimensi ruang. Ya, kaca dan cermin memang bisa mengubah ruang yang sebenarnya kecil menjadi terasa lebih lega dan terlihat luas dimensinya.

pintu partisi geser kaca
Pintu Partisi Geser Kaca

Sebaliknya, penggunaan kayu yang buram dan tidak tembus pandang akan membuat ruangan terasa lebih sesak dengan dimensi yang terbatas.

Hemat ruang

Pintu geser partisi kaca tidak dibuka dengan cara mengayunkannya. Jadi, tidak butuh ruang di pojokan untuk sekedar membuka pintu. Hasilnya, ruangan terasa lebih lega karena pintunya tak makan tempat.

Isolator yang baik

Kaca merupakan salah satu jenis isolator yang baik. Kaca bisa menghambat hantaran panas atau suhu yang masuk dalam sebuah ruangan. Artinya, pintu geser kaca bisa membantu rumah untuk tetap hangat saat musim hujan tiba. Juga bisa tetap sejuk meski panas di luar sedang menyengat.

Adanya fitur spesial

Beberapa pintu partisi geser berbahan kaca sudah dilengkapi dengan pelapis yang membuatnya terlihat makin mewah. Tak hanya itu, terdapat juga fitur keselamatan tambahan yang disematkan.

Lapisan keselamatan yang dimaksud di sini adalah bahan yang bisa menahan polutan masuk ke dalam rumah. Jadi, rumah tetap aman, nyaman, dan asri.

Bahkan, beberapa desain pintu geser kaca dibuat dengan panel kaca ganda sehingga bisa mengisolasi suhu dengan lebih baik.

Kenapa harus berpikir dua kali sebelum memilih pintu kaca sebagai partisi ruangan?

Selanjutnya, ada beberapa poin yang menjadi bahan pertimbangan sebelum membeli pintu geser kaca. Di antaranya adalah:

Sangat rentan untuk cuaca yang ekstrem

Pintu kaca bisa dibilang kurang cocok untuk daerah yang bercuaca ekstrem seperti sering terjadi badai.

Kuncinya kadang tak sekuat pintu kayu

Meski sudah dilengkapi dengan lock case, tingkat keamanan pintu geser kaca berbeda dengan pintu kayu. Sebab kayu lebih kuat dalam kunci.

Perawatan ekstra

Karena kaca sangat rentan sekali kotor, maka perawatannya juga harus ekstra. Harus sering dibersihkan. Juga dicek secara rutin agar tidak macet dan aus.

Garis tengahnya, jika memilih untuk membeli pintu partisi geser kaca maka tempatkanlah sebagai sekat ruangan dalam. Agar rumah tetap aman dan perawatannya lebih mudah dilakukan.

Baca juga

9 Keuntungan Memasang Pintu Partisi Geser Buat Ruangan