Ragam Sekat Ruangan Desain Interior Pakai Partisi Lipat

Jenis sekat ruangan lipat yang digunakan pada desain interior adalah partisi lipat minimalis. Ukuran sekat ini biasanya kecil (tak sebesar dimensi desain eksterior) dan dibentuk dengan bahan-bahan yang ringan agar aksesnya mudah.

Perbedaan besar dalam partisi ruangan lipat pada desain interior dan eksterior adalah pada bagian bawahnya. Biasanya untuk desain eksterior ada fitur sliding atau geser. Sementara pada desain interior tidak ada. Kalaupun ada, hanya berupa roda di setiap sudut panel pintu partisi. Bukan rel lintasan seperti halnya di desain eksterior.

Kali ini, kita akan membahas ruangan interior apa saja yang bisa dipasangi partisi ruangan lipat, jadi selamat menyimak.

4 Contoh sekat ruangan menggunakan partisi lipat sebagai desain interior

Berikut ini adalah 4 contoh pemakaian sekat ruangan lipat di dalam rumah:

1.      Partisi sederhana di ruang tamu

Partisi ruang ini sangat sederhana. Terbentuk dari 3 atau lebih pintu yang bisa digeser dengan mudah karena sangat enteng. Jadi sangat fleksibel, seperti fungsi penting partisi sederhana menurut modularmovingconcepts.

Desainnya sangat beragam dan harganya pun murah. Di Indonesia, bahan yang digunakan untuk membuat partisi ini adalah rotan sintetis, aluminium, kayu, kertas, dan kain.

Fungsi utamanya hanyalah sebagai penyekat ruangan agar aktivitas di dalam tak terlihat secara jelas dari ruang tamu. Jadi, tidak kedap suara dan pergerakan di dalam masih bisa dilihat meski samar-samar.

2.      Pintu minimalis dengan konsep lipat

Pintu dengan gaya minimalis dan berkonsep lipat ini biasanya terbuat dari kayu atau kaca buram. Digunakan sebagai pintu di kamar tidur atau kamar mandi. Pemakaian bahannya tinggal disesuaikan. Pintu kayu untuk kamar tidur dan kaca untuk kamar mandi.

Ukurannya sangat mini. Lebar total selebar pintu biasa. Bedanya ada lipatan di tengah yang membagi pintu tersebut dalam dua bagian.

Pintu Partisi Lipat Desain Interior
Pintu Partisi Lipat Dengan Desain Interior.

Dengan konsep lipat ini pintu bisa dibuka sesuai dengan kebutuhan. Bisa setengah atau seluruhnya. Sebab kontrol atas pintu tersebut ada di tangan orang yang membukanya.

3.      Desain pintu untuk mushola atau ruang khusus lainnya

Berbeda dengan ruang sebelumnya yang dibuat dari kaca atau kayu, pintu ini dibuat dengan bahan yang lebih ringan.

Jenis yang digunakan adalah harmonika sehingga memudahkan penggunanya untuk menjalankan akses keluar masuk dengan mudah. Enteng dan bisa diatur seberapa lebar pintu akan dibuka atau bahkan ditutup seluruhnya.

Fungsi utama dari sekat ruangan ini betul-betul hanya sebagai penyekat sehingga tidak kedap suara. Tingkat privasi dari aktivitas yang dilakukan dalam ruangan tersebut tergantung dari bahan yang digunakan, apakah transparan atau tidak. Mayoritas adalah bahan yang tidak transparan.

4.      Penghubung antar ruangan

Selain ruangan-ruangan di atas yang pintu lipatnya berukuran kecil, ternyata dimensi partisi lipat juga bisa lebih besar dari itu. Yaitu pintu lipat yang dibuat sebagai sekat ruangan antara dua ruang. Misalnya ruangan tamu dengan ruangan tengah secara full.

Maksudnya, dipasang sebuah pintu setinggi dinding di antara ruangan tamu dan tengah agar bisa dibuka secara penuh saat dibutuhkan. Ketika dibuka secara penuh, maka ruang tamu dan ruang tengah bisa terlihat lebih luas dan bisa difungsikan saat ada acara besar.

Seperti saat hari raya dan saat-saat kumpul bersama keluarga. Atau mungkin saat hendak mengadakan open house.

Untuk membuat ruangan terlihat lega, pintu partisi ini biasanya dibuat dari bahan kaca transparan. Jadi, meskipun pintu dalam kondisi tertutup tetap bisa menciptakan ilusi dimensi tanpa batas.

Itulah beberapa ruangan yang menggunakan partisi lipat sebagai sekat ruangan dalam desain interior. Perhatikan pemilihan bahan dan sesuaikan harga pintu dengan anggaran yang sudah disiapkan sebelum membeli.

Baca juga

Ragam Partisi Lipat Sliding Untuk Ruangan Desain Eksterior