Categories
penyekat ruangan sliding

Mendesain Kamar Tidur dengan Penyekat Ruangan Sliding

Punya banyak barang tapi kamar tidur kecil? Itu berarti sekarang saatnya Anda pakai penyekat ruangan sliding. Inilah solusi terbaik untuk hemat ruang diikuti tips-tips lainnya.

Pada dasarnya untuk bisa mendapatkan ruangan yang terasa luas banyak hal yang bisa dilakukan. Mulai dari permainan dimensi ruang hingga pemilihan furnitur dan sekat yang tepat.

Nah, kali ini kami akan membahas cara mendesain ruangan tidur yang sempit dan menyulapnya menjadi terasa lebih lega dan nyaman ditinggali.

Pemilihan furnitur yang sesuai

Hal pertama dan paling penting adalah memilih furnitur dengan tepat. Furnitur-furnitur yang ramping dan multifungsi.

Misalnya memilih dipan yang tidak terlalu tebal, simpel, dan bisa dipakai untuk menyimpan kasur saat sedang tidak dibutuhkan (Murphy Bed).

Anda bisa mulai mencari ide furnitur multifungsi dan menerapkannya di kamar minimalis. Teruslah mencari ide baru yang sekiranya bisa diterapkan di kamar.

Dengan pemakaian furnitur yang seperti ini Anda bisa menghemat lebih banyak ruang sehingga sisa ruangnya bisa dimanfaatkan untuk hal-hal lain.

Beri cermin dan manfaatkan kaca

Selain furnitur, Anda juga harus memperhatikan pencahayaan kamar dan dimensinya. Anda bisa menggunakan cermin untuk menyiasati keterbatasan dimensi.

Dengan cermin yang besar, ruangan yang terasa sempit pun bisa terasa lebih luas sebab ada permainan dimensi di sana. Agar bisa multifungsi, cermin bisa diletakkan di pintu lemari, bufet, dinding, atau semacamnya.

Selain cermin, cobalah pakai kaca transparan. Tujuannya adalah agar matahari yang masuk ke dalam kamar bisa lebih bebas. Energi dalam kamar bisa dihemat.

Selain itu, saat siang hari Anda membuka tirai, memandang keluar terasa lebih bebas dan tidak terbatas. Anda bisa melihat indahnya taman, bangunan perkotaan, dan semua pemandangan indah di sekitar kamar.

Susun vertikal

Cara lain yang bisa dilakukan adalah dengan menyusun secara vertikal. Kami yakin, Anda pernah melihat kasur yang berada di atas, sementara di bawahnya ada tempat baca buku atau sebaliknya.

Alih-alih memanfaatkan ruang secara horizontal yang rasa-rasanya tidak mungkin, Anda bisa memanfaatkan ruangan dengan metode vertikal alias bertumpuk ke bagian atas ini.

Untuk ide dasar, taruhlah kasur di bagian atas. Sebab aktivitas siang hari Anda adalah berada di bawah misalnya bekerja, memasak, mencuci, dan semacamnya. Sementara kasur hanya digunakan saat malam, itu pun untuk tidur atau beristirahat.

Pemilihan warna yang tepat

Cat dinding dan furnitur harus dipikirkan dengan baik. Hindari pemakaian warna yang gelap, gunakan warna kalem yang terang. Contohnya adalah putih, soft blue, soft pink, dan warna terang lainnya.

Dengan pilihan warna yang terang, nuansa bright juga bisa didapatkan di dalam rumah minimalis. Tenang dan damai.

Namun, apabila Anda senang dengan warna gelap. Bisa pilih warna gelap sekalian untuk tembok. Tapi warna perabotnya usahakan kontras dengan dinding tersebut.

Pakai penyekat ruangan sliding

Sebenarnya untuk bisa menjaga ruangan tetap terasa luas, sekat kadang tidak diperlukan. Namun, ketika butuh privasi, sekat ini amat sangat diperlukan.

Pakai penyekat ruangan sliding

Alih-alih menyekat dengan dinding permanen, gunakan saja penyekat ruangan sliding. Partisi jenis ini sangat fleksibel. Anda bisa membukanya secara menyeluruh saat sedang ingin ruangan yang luas. Selain itu, bisa juga ditutup bila sedang butuh privasi.

Partisi ini biasanya digunakan sebagai sekat, bisa juga dibuat jadi pintu. Sebab ada banyak jenisnya, tinggal dipaskan saja.

Saat buka tutup dilakukan, tak ada ruang yang tak terpakai. Sangat hemat ruang!

Jadi, tunggu apalagi! Yuk desain kamar sempit Anda dengan penyekat ruangan sliding. Kami sarankan untuk memilih Pireki yang terdiri dari banyak pilihan.

Baca Juga

4 Jenis Pintu Lipat & Kegunaannya, Anda Harus Tahu!