Categories
Partisi Lipat

Partisi Lipat Ciptakan Ruangan Yang Makin Fungsional

Partisi lipat merupakan sebuah bidang non permanen yang dipasang dengan tujuan untuk menyekat ruangan. Dengan menggunakan pintu lipat, satu ruangan besar bisa dibentuk menjadi 2 ruangan atau lebih dengan tetap mengedepankan nilai kenyamanan dalam sebuah ruang.

Menurut energyvanguard, sebuah ruang akan tetap terasa nyaman bila memiliki sirkulasi udara yang bagus, suhu ruangnya pas (tidak terlalu panas dan tidak terlalu dingin), tidak lembab, dan penerimaan cahaya rata-ratanya sesuai kebutuhan.

Artinya, meski dimensinya lebih kecil, ruangan baru yang terbentuk setelah proses penyekatan tetap cozy untuk dipakai dan dapat difungsikan secara maksimal.

Kenapa partisi lipat bisa menciptakan ruangan yang memiliki fungsi maksimal?

Berikut ini adalah alasan ruangan baru yang dibentuk bisa senyaman ruangan yang belum dipartisi:

Partisi lipat ruangan
Partisi Lipat Mencipakan Ruangan Yang Fungsional

1.      Desainnya menarik

Pintu partisi yang dapat dilipat ini hadir dengan beragam desain yang menarik. Dari desain yang sederhana, modern, hingga klasik dan tradisional.

Variasi desain ini memungkinkan seseorang memilih pintu lipat sesuai dengan keinginan dan seleranya. Hasilnya, ruangan baru yang terbentuk adalah tampilan akhir dari desain yang selama ini diinginkan atau diimpikan.

Jika dibandingkan dengan tembok, desain pintu lipat ini tentu memiliki nilai lebih. Tak seperti pintu lipat, tembok biasanya dicat dengan warna-warna polos dan netral, misalnya putih atau krem. Dan untuk membuat tembok memiliki tampilan yang berbeda, perlu ditambahkan wallpaper. Tentu ini membutuhkan biaya tambahan lagi.

2.      Ruangan yang rapi

Partisi lipat dibuat sedemikian rupa sehingga menjadi solusi cerdas untuk kebutuhan ruang yang ringkas, rapi, dan minimalis.

Saat membuka lipatan, maka terbentuklah sebuah sekat ruangan yang membagi satu ruangan menjadi dua atau lebih. Dan ketika lipatan tersebut ditutup dan dikumpulkan ke satu titik, maka terciptalah sebuah ruangan besar yang lega dan sangat nyaman.

Ketika proses buka tutup lipatan ini dilakukan, ruangan yang terbentuk bisa terlihat rapi dan nyaman untuk ditempati. Sebab lipatan pada pintu sudah ada tempatnya sendiri dan tidak akan memakan tempat lain dalam ruangan tersebut. Ringkas dan minimalis.

3.      Fungsinya jelas

Sebelum memutuskan untuk menyekat ruangan, seseorang tentu sudah punya tujuan jelas mau dipakai apa ruangannya nanti. Pun demikian setelah ruangan sudah disekat, dua atau lebih ruangan baru yang terbentuk memiliki fungsi yang jelas dan dapat berjalan secara maksimal.

Sebagai contoh, sebuah basement yang cukup luas dan sudah lama tidak terpakai bisa diberi pintu lipat sebagai partisi ruangan agar tercipta ruangan baru yang dapat difungsikan kembali.

Ruangan baru yang terbentuk bisa dimanfaatkan menjadi ruang untuk nge-gym dan ruang baca. Basement yang tadinya terbengkalai pun jadi makin fungsional.

4.      Instalasi yang mudah dan cepat

Di era modern seperti sekarang, pekerjaan harus dilakukan dengan deadline dan timeline yang jelas. Demikian juga dengan pemasangan pintu lipat sebagai partisi.

Instalasi produk ini harus bisa dilakukan dengan mudah dan cepat. Sehingga proses penyekatan ruangan bisa dilakukan secara praktis dan tak membutuhkan waktu lama.

Inilah salah satu nilai tambah pintu lipat yang tidak dimiliki oleh tembok biasa.

5.      Fitur peredam suara

Dalam beberapa model, produk sekat ruangan lipat dilengkapi dengan fitur peredam suara. Fitur peredam ini biasanya dipesan secara khusus oleh konsumen setelah melakukan konsultasi dengan produsen mengenai pintu lipat yang mereka butuhkan.

Fitur ini biasanya dibutuhkan untuk sekat ruangan yang dipasang di hotel, gedung perkuliahan, atau gedung lain yang membutuhkan suasana hening dan kedap suara. Tujuannya adalah agar suara antar ruangan tak saling bertabrakan dan fungsi masing-masing ruang bisa berjalan bersama secara beriringan.

Itulah 5 alasan kenapa ruangan baru yang terbentuk dari sekat partisi lipat bisa menjalankan fungsinya secara maksimal.

Baca juga

3 Kegunaan Pintu partisi Geser Untuk Interior Ruangan
Categories
Partisi Lipat

Ragam Partisi Lipat Sliding Untuk Ruangan Desain Eksterior

Salah satu jenis penyekat ruangan lipat adalah partisi lipat sliding. Partisi ini biasanya dipasang sebagai penyekat di luar ruangan atau sebagai pelengkap desain eksterior.

Pintu partisi ini biasanya dibuat dengan bahan yang kuat seperti besi karena bertugas sebagai penghubung antara bagian luar rumah dengan dalam rumah. Fungsi utamanya adalah memastikan tingkat keamanan dari rumah tersebut.

Bahan lain yang biasanya digunakan adalah kaca transparan dengan bingkai kayu atau aluminium. Itu pun penempatannya bukan langsung di bagian luar ruangan. Melainkan digunakan khusus untuk ruangan-ruangan yang terhubung dengan bagian luar seperti taman belakang atau samping.

Fungsinya adalah untuk memaksimalkan penerimaan cahaya. Sehingga saat siang tidak perlu menyalakan lampu lagi. Karena cahaya alami matahari sudah bisa masuk rumah dengan baik.

Selain itu, bahan kaca yang digunakan pada partisi geser lipat ini juga bisa dipakai untuk melihat suasana di luar ruangan dengan lebih leluasa.

Bayangkan jika ruangan menghadap langsung dengan pemandangan gunung, maka siang hari spot kamar ini akan menjadi favorit. Dan malam hari akan ada pemandangan lampu-lampu kota yang memanjakan mata.

Dimensi atau ukuran pintu partisi ini biasanya juga besar, bahkan setinggi dinding dalam sebuah rumah. Jadi full dari bawah hingga atas dengan lebar pintu yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan.

Pemakaian partisi lipat sliding untuk berbagai ruangan dalam desain eksterior

Berikut ini adalah beberapa pemakaian pintu partisi geser lipat sebagai pelengkap desain eksterior:

Pintu tempat usaha

Ada beberapa contoh pemakaian partisi geser untuk tempat usaha, di antaranya adalah:

Rumah toko atau ruko

Pintu ini biasanya digunakan sebagai pintu utama dari sebuah rumah toko atau ruko. Karena fungsinya sebagai pintu utama, maka pintu ini dibuat dari bahan yang kuat seperti besi.

Hal ini dilakukan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan seperti pencurian, perampokan, dan semacamnya.

Bahan besi memiliki berbagai keunggulan di antaranya adalah kuat, aman, dan tahan lama. Kelemahannya adalah besi bisa berkarat, macet, dan berat ketika dioperasikan. Untuk itu, jika memilih bahan ini untuk pintu partisi, sebaiknya ketahui juga cara perawatannya. Dan rawatlah pintu tersebut dengan baik.

Toko

Selanjutnya adalah toko-toko atau bedak di pasar. Bahan yang digunakan untuk membuat penutup toko adalah kayu atau besi. Kedua bahan ini punya nilai plus minus sendiri-sendiri.

Maka dari itu, pastikan bahwa partisi lipat sliding yang dipasang sudah sesuai dengan kebutuhan setelah dipertimbangkan berdasarkan cuaca dan tingkat keamanan daerah sekitar.

Cafe

Pintu cafe juga menjadi salah satu contoh pemakaian partisi geser lipat. Bahan yang digunakan untuk cafe biasanya adalah kombinasi antara kaca dan kayu. Gabungan keduanya bisa menciptakan kesan elegan dan cozy.

Ruangan kamar tidur dan ruang tengah dengan taman

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, sebagai penghubung antara kamar tidur dan taman, bahan yang sering digunakan adalah kaca. Hal ini dimaksudkan untuk memaksimalkan penerimaan cahaya alami juga memastikan sirkulasi udara berjalan dengan baik.

Model atau desain partisi lipat geser yang digunakan pada ruangan ini sangat banyak. Bisa lipat satu atau lipat ganda.

Partisi lipat sliding eksterior berbahan kaca dan Aluminium
Partisi lipat sliding dengan bahan kaca dan Aluminium

Garasi

Pernah melihat pintu lipat garasi di rumah minimalis? Biasanya pintu ini terbuat dari bahan kayu dan dicat senada dengan warna tembok dan dibuat mengkilap untuk menambah kesan mewah. Agar makin indah dan memiliki nilai estetika, kayu di pintu garasi itu juga didesain tak biasa.

Kadang dibuat dengan garis-garis atau dibuat sedikit berongga agar udara bisa keluar masuk dengan leluasa.

Karena dimensinya besar, biasanya pintu partisi lipat sliding ini dibanderol dengan harga yang cukup mahal. Untuk itu, sebelum membeli cek dulu dengan benar ukuran partisi yang dibutuhkan dan pertimbangkan nilai amannya.

Baca juga

4 Ide Partisi Lipat Murah Sederhana Untuk Rumah Minimalis
Categories
Partisi Lipat

4 Ide Partisi Lipat Murah Sederhana Untuk Rumah Minimalis

Membeli partisi lipat murah bagi sebagian orang seperti menjalankan sebuah misi. Perlu perhitungan dan pemikiran yang matang. Hal ini karena pembelian biasanya dilakukan mengikuti budget yang telah disediakan.

Bagusnya, di Indonesia ada berbagai macam sekat ruangan lipat sederhana yang dibanderol dengan harga relatif murah. Jadi misi pun bisa dijalankan dengan lebih mudah.

Sekat ruangan ini hadir dengan bahan yang beragam mulai dari rotan sintetis hingga kayu. Semuanya hadir dengan desain kreatif dan indah. Juga tersedia dalam kuantitas yang banyak sehingga banyak pula pilihannya.

Soal fungsi dan penempatan, sekat ruangan murah ini biasanya digunakan sebagai partisi di ruang tamu atau ruang lainnya. Dimensinya yang kecil memungkinkan penempatan yang lebih fleksibel dengan fungsi sebagai partisi ruangan atau hanya diletakkan sebagai penghias dan untuk menjaga privasi.

Ada satu ciri khusus yang ditawarkan partisi sederhana ini dari dulu hingga sekarang. Yakni partisi yang dibuat berlubang dan tembus pandang. Hal ini ditujukan untuk menciptakan dimensi yang lebih luas dan tidak sesak.

Meski berlubang, partisi ini tetap menjalankan fungsinya dengan baik sebagai sekat yang memberikan privasi.

Kali ini, kita akan membahas mengenai pilihan desain partisi yang bisa dilipat tersebut. Selamat menyimak.

Inilah 4 ide partisi lipat murah yang sederhana dan cocok sebagai sekat ruangan di rumah minimalis

Salah satu faktor pembeda dari satu desain dengan desain lain adalah pada bentuk kreativitas yang ditawarkan. Soal bentuk partisi ruangan secara keseluruhan hampir sama. Dan berikut adalah kreativitas yang dimaksud:

Ukiran

Jika ingin ada sentuhan klasik dalam sebuah rumah minimalis, maka cobalah gunakan desain partisi sederhana yang memiliki ukiran. Dulu, bentuk ukiran ini masih ala tradisional, layaknya ukiran-ukiran jawa. Tapi kini, ukirannya sudah makin berkembang.

Perkembangan ini terlihat dari perubahan bentuk ukiran yang lebih kekinian dan beragam. Sebut saja ukiran berbentuk bunga, tanaman, dan bambu. Yang memberikan kesan sejuk di rumah.

Anyaman

Bahan yang digunakan untuk membuat partisi lipat murah ini mayoritas adalah rotan. Bisa rotan asli atau menggunakan rotan sintetis yang lebih mudah diatur dan hadir dalam berbagai pilihan warna dengan harga yang biasanya lebih murah.

Desain anyaman yang dibentuk memiliki kreativitas dan nilai seni sendiri-sendiri dengan bingkai kayu yang seolah menyatu dengan rotan tersebut.

Kelebihan dari desain ini selain pada nilai estetikanya adalah pada fleksibilitas. Ya, karena bahannya tergolong ringan, partisi ruangan ini bisa dipindah ke ruangan lain secara leluasa.

Bertirai

Model partisi lipat modern yang sederhana ditunjukkan lewat ide desain dengan tirai. Salah satu jenis tirai yang digunakan adalah tirai berkain tipis polos. Akan tetapi untuk mempercantik tampilan dan membuatnya terlihat berbeda, tirai ini bisa diganti sesuai selera atau mengikuti konsep rumah minimalis.

Tirai ini bisa ditali di bagian tengahnya ditambah dengan aksen pita untuk membuatnya kian menarik.

ide partisi lipat murah sederhana
Partisi Lipat Rumah Minimalis Menggunakan Tirai

Bentuk partisi ruangan yang kreatif

Tak hanya hadir dengan ukiran, anyaman, atau kaca bertirai. Sekarang bentuk sekat ruangan sederhana juga makin kreatif dengan frame yang dibuat dengan banyak variasi.

Jika biasanya monoton berbentuk persegi panjang, kini sudah lebih modern dengan bentuk yang melengkung dan bahkan ada yang dibuat dengan tinggi yang berbeda menyerupai tangga.

Sebelum memutuskan untuk membeli partisi lipat murah ini perlu diketahui bahwa fungsi utama produk ini adalah sebagai penyekat ruangan saja. Tidak kedap suara dan masih bisa membuat pergerakan di dalam ruangan lain terlihat meski buram atau seperti bayangan.

Baca juga

Inspirasi Desain Partisi Lipat Untuk Aula Dan Ruang Rapat
Categories
Partisi Lipat

Inspirasi Desain Partisi Lipat Untuk Aula Dan Ruang Rapat

Meeting room atau ruang rapat dan aula merupakan dua dari sekian banyak ruangan yang biasanya dibuat dengan menggunakan partisi lipat. Salah satu alasannya menurut modularmovingconcepts adalah tingkat fleksibilitas. Sedangkan alasan lainnya adalah keleluasaan.

Pintu jenis ini sangat fleksibel karena bisa dipakai dan dipindah ke mana saja dengan mudah. Selain itu, kontrol terhadap seberapa besar ruangan atau space yang dibuat juga lebih besar. Pintu lipat juga bisa dibentuk sesuka hati jika memang diperlukan.

Pintu ini memiliki tingkat manajemen ruang yang bagus dan bisa diterapkan di setiap ruangan secara fleksibel. Baik ruangan di ruangan kecil maupun besar.

7 Ciri dan ide desain partisi lipat untuk aula dan ruang rapat

Untuk mendapatkan manfaat yang maksimal, carilah pintu lipat yang sesuai untuk ruang aula dan meeting room, di antaranya adalah:

Partisi lipat untuk ruangan aula atau ruang rapat
Partisi Lipat Untuk Ruang Aula Atau Ruang Rapat

1.      Partisi lipat kedap suara

Yang membedakan pintu lipat konvensional dengan pintu lipat yang dipasang di aula adalah kemampuannya dalam hal meredam suara. Fitur ini penting untuk dimiliki oleh partisi sliding yang dipasang di aula. Kenapa? Contoh di bawah ini akan menjelaskan alasannya.

Misalnya dalam sebuah aula besar diberi 2 partisi ruangan lipat agar aula tersebut membentuk 3 ruangan sekaligus. Tiga ruangan ini dibuat kelas untuk pelatihan. Dan setiap kali pelatihan, selalu digunakan microphone untuk memperbesar suara.

Nah, bayangkan jika pintu sebagai sekat ruangan tersebut tidak memberikan fitur kedap suara. Jelas, materi yang disampaikan dalam ketiga ruang akan saling bertabrakan. Peserta pelatihan bisa jadi terganggu karena materi tidak tersampaikan dengan baik.

2.      Bahan yang ringan tapi kuat

Agar bisa kedap suara, tentu partisi dibuat dengan bahan yang kuat dan kokoh. Namun, karena partisi ini harus bisa memenuhi syarat fleksibilitas dan cepat dilipat dalam kondisi darurat, maka bahan yang digunakan haruslah bahan yang ringan.

3.      Konsepnya minimalis

Desain yang dipakai dalam partisi sliding dalam ruang meeting dan aula adalah minimalis. Simpel tapi modern dan bisa cocok dengan konsep ruangan apa saja. Tidak dominan atau terlalu menarik perhatian ketika dipasang dalam sebuah ruangan.

Bahkan, bisa dibilang kalau pintu ini harus bisa membuat orang melihatnya sebagai sebuah sekat ruangan biasa yang terbuat dari tembok.

4.      Berkualitas dengan akses mudah

Aula adalah ruangan yang besar dan sewaktu-waktu dibutuhkan untuk acara besar. Maka dari itu, pintu partisi yang dibeli dan dipasang harus memiliki kualitas yang bagus. Tujuannya agar produk tersebut bisa tahan lama. Karena pintu ini juga bagian dari investasi untuk aula atau ruangan tersebut.

5.      Multifungsi

Beberapa produk pintu lipat yang digunakan untuk ruangan rapat dan aula dibuat dari bahan yang menyerupai papan. Atau memang sengaja dilapisi bahan seperti papan agar bisa dipakai untuk menulis.

Misalnya dilapisi kaca agar bisa digunakan untuk rapat secara leluasa. Atau dipakai untuk menjelaskan pelatihan yang diadakan di aula.

Dengan demikian, selain bisa menjadi partisi ruangan, pintu lipat geser tersebut juga bisa jadi papan tulis. Multifungsi sekali.

6.      Warna netral

Warna yang dipilih untuk partisi lipat di dalam ruang meeting adalah warna-warna netral seperti krem dan putih. Frame-nya biasanya terbuat dari aluminium yang memiliki sifat ringan tapi kokoh.

7.      Tak bermotif atau polos

Agar bisa menyatu dengan tembok, pintu partisi ini juga tidak dibuat dengan motif alias polos. Kalaupun ada yang berbeda, biasanya hanya bertekstur saja. Dan tidak begitu terlihat kecuali diperhatikan dari dekat. Tampak jauh biasanya menyerupai tembok biasa.

Ciri-ciri desain partisi lipat untuk aula dan ruang rapat di atas bisa memberikan sedikit gambaran tentang poin penting yang perlu dipertimbangkan dalam membeli pintu lipat untuk ruang meeting. Jadi, semoga bermanfaat dan selamat mencari!

Baca juga

9 Kelebihan Menggunakan Sekat Ruangan Partisi Lipat
Categories
Partisi Lipat

9 Kelebihan Menggunakan Sekat Ruangan Partisi Lipat

Pintu partisi lipat bisa digunakan sebagai pemanis baik dalam desain interior maupun eksterior. Kalau di desain interior, pintu lipat biasanya ditaruh atau dipasang sebagai sekat antar ruangan. Bisa ruangan kamar mandi, laundry, mushola, atau kamar tidur.

Kalau di desain eksterior, pintu lipat biasanya dipasang sebagai pintu luar garasi rumah, pintu luar ruko, dan pintu luar yang menghubungkan antara ruang tengah dan taman belakang.

Penggunaannya yang beragam dan peminatnya yang banyak tak lepas dari beberapa kelebihan yang ditawarkannya. Apa saja kira-kira kelebihan dari pintu ini?

Daftar 9 kelebihan partisi lipat sebagai sekat ruangan

Berikut ini adalah beberapa kelebihan dari pintu lipat partisi yang sangat berguna ketika hendak memutuskan untuk membeli pintu:

1.      Tidak makan ruang

Pintu partisi yang dapat dilipat hanya membutuhkan satu garis lurus dalam pengoperasiannya. Dia tidak butuh diayunkan sehingga tidak makan tempat saat dibuka. Tidak akan ada ruangan yang mubazir karena tertutup saat pintu dibuka.

2.      Tampilan yang elegan

Ada banyak sekali pilihan desain partisi lipat. Desain-desain pintu ini mayoritas bisa memberikan kesan yang elegan dan rapi di dalam rumah.

Partisi lipat sebagai sekat ruangan

Tersedia juga dalam berbagai warna sehingga tidak akan sulit jika harus memadukannya dengan komponen lain dalam sebuah ruangan. Tinggal mencari mana yang pas saja.

3.      Harga yang variatif

Harga pintu lipat sangat variatif sesuai dengan jenis, desain, bahan, dan ukurannya. Ini merupakan salah satu nilai lebih dari pintu ini. Sebab calon pembeli memiliki lebih banyak pilihan yang bisa disesuaikan dengan budget yang telah disiapkan.

4.      Tahan lama

Memilih pintu tak bisa hanya dilihat dalam jangka pendek, tetapi juga harus ke masa depan. Dan bagusnya, pintu lipat ini awet digunakan bahkan sampai puluhan tahun. Hal ini karena pemakaian bahannya sangat pas. Bahan-bahan yang biasa digunakan untuk pintu lipat adalah besi, kayu, rotan, hingga aluminium yang kuat.

Desainnya juga tak lekang oleh waktu, tak bikin bosan dan mudah masuk ke semua tema rumah.

5.      Perawatan yang mudah

Pintu lipat tidak membutuhkan perawatan yang ribet, sangat mudah dan simpel. Meskipun bentuknya partisi geser, cara membersihkannya tetap mudah. Sebab biasanya pintu jenis ini menggunakan roda dan rel bawahnya terlihat dari luar. Tidak seperti sliding doors yang relnya ada di bagian dalam dan rentan sekali mengalami kemacetan.

6.      Kaya dengan nilai estetik

Selain bisa membuat tampilan ruangan menjadi lebih elegan, partisi lipat juga hadir dengan desain yang menarik sehingga saat dipasang dalam sebuah ruangan akan membuat tampilan ruangan menjadi lebih indah dengan nilai estetik yang tinggi. Demikian sebagaimana ditulis dalam movableacousticwalls.

7.      Privasi yang terjaga

Partisi ruangan berupa pintu lipat bisa memberikan privasi karena bisa menutup dengan sempurna dan kebanyakan dibuat dengan bahan kedap suara.

8.      Praktis dan bisa diekspansi di masa depan

Pintu ini terbilang sangat praktis saat dibuka dan ditutup. Selain itu, jika suatu saat ada rencana renovasi rumah atau melebarkan sebuah ruangan, maka pemasangan pintu ini akan memudahkan renovasi. Pintu tetap baik-baik saja dan bisa digunakan lagi.

Berbeda dengan sekat ruangan yang terbuat dari tembok, harus dihancurkan dulu untuk bisa direnovasi.

9.      Bebas dikontrol

Pintu lipat juga memberikan keleluasaan dalam hal kontrol luasan pintu yang akan dibuka. Apakah hanya satu bagian pintu, setengah, atau semuanya sekaligus.

Kalau mau dibuka semuanya, hasil bukaan pintu ini juga sempurna. Terbuka secara menyeluruh. Hanya menyisakan tumpukan lipatan pintu yang bisa diletakkan di sisi kanan dan/atau kiri pintu tersebut tergantung jenis yang digunakan.

Itulah beberapa kelebihan partisi lipat sebagai sekat ruangan dalam rumah. Kelebihan dan keuntungan ini bisa menjadi pertimbangan penting saat hendak membeli pintu lipat.

Baca juga

5 Cara Mengatasi Pintu Partisi Geser Yang Bermasalah