Categories
pintu partisi geser

5 Cara Mengatasi Pintu Partisi Geser Yang Bermasalah

Salah satu masalah yang sering dijumpai pada pintu partisi geser adalah macet. Ketika hendak membuka pintu, tiba-tiba terhalang sesuatu atau macet karena gaya geseknya kuat. Hal ini tidak akan menjadi masalah jika kita tahu cara merawat pintu geser.

Setidaknya ada 5 masalah umum yang biasanya terjadi pada pintu geser, semuanya punya solusi masing-masing. Sebagai pemilik kita harus tahu solusi tersebut supaya pintu bisa tahan lama dan berperforma dengan baik.

Ada 5 cara mengatasi masalah umum pada pintu partisi geser, simak!

Berikut ini adalah beberapa masalah umum yang terjadi pada pintu geser dan trik penanganannya:

Macet atau pintu sulit digeser

Salah satu penyebab macet pada pintu geser menurut The Old House adalah tertumpuknya debu atau puing-puing kotoran dan rambut di sepanjang lintasan rel. Oleh karena itu, bagian lintasan pintu harus sering dibersihkan.

Ketika menyapu atau membersihkan ruangan, perhatikan bagian dalam lintasan ini sehingga kotoran yang ada di dalamnya juga ikut terambil. Gunakanlah spons basah atau vacuum agar kotoran-kotoran kecil bisa menempel dan dapat dikeluarkan dengan sempurna.

6 cara membersikan pintu partisi geser

Membersihkan pintu geser secara rutin amat penting dilakukan untuk menghindari penumpukan kotoran. Kalau sudah terlanjur terjadi penumpukan kotoran, maka cara membersihkannya mungkin lebih ribet karena perlu sedikit membongkar pintu geser tersebut.

Masalah keselarasan

Masalah lain yang sering dirasakan adalah rel atas bawah yang tidak selaras saat digeser. Solusinya adalah dengan melepas pintu dari trek kemudian memasangnya kembali.

Pastikan untuk meluruskan rel bagian atas dulu baru ke bagian bawah. Untuk melakukan ini, kemungkinan sekrup bagian atas perlu diputar agar penyesuaiannya bisa dilakukan dengan lancar. Setelah selaras, kembalikan posisi sekrup seperti semula.

Kaca pecah

Saat ini pintu partisi geser kaca memang sudah tersedia dalam pilihan bahan kaca anti pecah. Namun demikian, pecahnya kaca bukanlah hal yang mustahil terjadi. Selalu ada kemungkinan bahwa kaca bisa pecah atas sebab tak terduga.

Misalnya karena dorongan, sengaja dipecahkan oleh maling, atau semacamnya.

Jika ini yang terjadi, maka solusinya adalah berkonsultasi kepada ahlinya. Carilah pengrajin kaca atau cobalah datang ke toko di mana Anda membeli pintu geser tersebut.

Namun, jika Anda sendiri adalah seorang profesional atau sudah terbiasa mengerjakan ini sendiri, silakan perbaiki kaca tersebut sendiri. Ukur kebutuhan kaca, cari bahan kaca terbaik, dan pasang sesuai dengan ketrampilan.

Kunci yang rusak

Pemasangan kunci atau lock case tergolong mudah. Yang dibutuhkan hanya obeng dan pisau. Obeng digunakan untuk membuka sekrup yang menempelkan segel ke pintu. Sementara pisau berguna untuk mencungkil jika mengalami kesulitan saat hendak melepas segel tersebut. karena kadang ada beberapa segel yang tak hanya menempel dengan sekrup tetapi juga diperkuat dengan lem.

Berat saat digeser

Hal yang perlu dilakukan secara rutin pada pintu geser selain menjaga kebersihan adalah menjaga tingkat kelicinan lintasan. Langkah ini biasanya dilakukan setelah pintu geser dibersihkan.

Tujuan pemberian cairan pelicin adalah agar trek tidak cepat aus, gaya geseknya kecil, dan saat digeser bisa terasa lembut dan halus. Pintu jadi jauh lebih mudah digeser, enteng atau tidak berat.

Itulah beberapa cara merawat dan mengatasi masalah umum yang terjadi pada pintu partisi geser. Tentu saja ada beberapa bagian yang perawatannya hanya bisa dilakukan oleh para ahli. Maka amat sangat penting untuk membeli pintu sekat ruangan yang berkualitas dan terbaik.

Baca juga

Cara Cerdas Memilih Desain Pintu Partisi Geser Untuk Sekat
Categories
pintu partisi geser

Cara Cerdas Memilih Desain Pintu Partisi Geser Untuk Sekat

Ketika berselancar di internet dan mencari ide desain pintu partisi geser, maka Anda akan menemukan banyak sekali pilihan. Mulai dari yang simpel dengan satu atau dua panel, hingga model bertumpuk yang membuat bukaan rumah menjadi lebih luas.

Sayangnya, kadang kita justru bingung untuk menentukan pilihan ketika tersedia banyak sekali informasi. Inginnya A, butuhnya B. Maunya C, tapi yang D juga bagus. Begitulah kira-kira dilemanya saat hendak memilih sebuah pintu untuk rumah.

Hal ini wajar, sebab bagaimana pun pintu bukanlah benda yang kita pakai lepas dalam satu dua tahun. Pintu dipasang di rumah dalam puluhan bahkan ratusan tahun.

Begini cara pintar memilih desain pintu partisi geser terbaik

Tidak usah bingung, ada beberapa poin yang bisa menjadi pertimbangan ketika hendak membeli sebuah pintu geser. Apa saja?

Desain Pintu Partisi Geser Frame Gelap
Contoh Desain Pintu Partisi Geser Kaca Frame Gelap

Tahu prioritas utama

Mulailah dengan prioritas. Tanyakan pada diri Anda kenapa harus pintu geser, kenapa tidak menggunakan pintu biasa saja. Dari sini akan muncul beberapa ide dasar desain pintu geser untuk rumah.

Cari inspirasi desain sekat ruangan

Ada banyak desain sekat ruangan yang tersedia secara online, mulailah menggali informasi dan mengumpulkan inspirasi. Tentukan mana yang paling pas buat rumah minimalis Anda.

Untuk partisi ruangan apa?

Salah satu cara untuk menemukan desain yang paling cocok dari sekian banyak desain yang ada adalah dengan mengenali kebutuhan. Yaitu dengan mengetahui mau ditempatkan sebagai sekat ruangan apa pintu tersebut.

Misalnya Anda hendak memilih pintu yang akan menjadi sekat antara ruang dapur dan ruang keluarga. Artinya pintu ini menjadi salah satu item desain interior.

Untuk partisi dua ruangan ini, biasanya pintu geser yang akan dipilih adalah yang simpel dengan dimensi yang tidak terlalu luas. Karena fungsinya hanya sebagai akses keluar masuk namun tetap bisa menghemat ruang.

Berbeda dengan pemilihan model pintu partisi geser yang menyekat ruang keluarga dengan taman belakang rumah. Desain yang dipilih biasanya memiliki dimensi yang lebih besar. Juga memilih bahan yang transparan dan mudah dibersihkan seperti kaca. Tujuannya adalah agar sirkulasi udara menjadi lebih bagus, cahaya matahari lebih bebas masuk ruangan, dan pemandangan di luar bisa dinikmati secara sempurna.

Kenali jenis pintu geser

Tak ada salahnya mengenali jenis pintu geser untuk membantu menentukan pilihan. Menurut emeralddoors, jenis pintu geser berhubungan erat dengan desain interior dan eksterior sebuah rumah.

Sedangkan secara garis besar, pintu geser dibagi menjadi dua kriteria. Pertama, pintu yang dapat dibuka menyamping (pegangan pintunya hanya ada di salah satu panel). Kedua, pintu yang bukaannya berada di tengah (pegangan pintunya ada di kedua panel pintu).

Dua kriteria pintu ini biasanya hadir dengan beragam jenis, ada yang single dan ada yang dobel. Jenis pintu single umumnya memiliki relnya atas yang menggantung di tembok. Hanya ada satu lubang pintu dan inilah bagian yang tertutup oleh panel pintu geser tersebut.

Sesuaikan dengan konsep rumah

Setiap rumah punya konsep dasar dan tema utama. Ada yang membawa tema utama bergaya klasik dan ada yang modern. Setiap bagian dalam rumah hendaknya mendukung konsep ini sehingga didapatkan sebuah rumah dengan konsep yang kuat.

Terlebih sekarang ada banyak sekali gaya arsitek pintu geser. Dari gaya klasik hingga modern. Dari yang bernilai seni tinggi hingga yang paling simpel.

Soal ketersediaan desain pintu partisi geser, Anda tak perlu khawatir. Pintu geser ini kini bisa dipesan secara custom. Jadi, Anda bisa memilih dan membeli pintu sesuai dengan kebutuhan dan kemauan dengan melihat beberapa pertimbangan di atas.

Baca juga

Pro Dan Kontra Memasang Pintu Partisi Geser Kaca
Categories
pintu partisi geser

Pro Dan Kontra Memasang Pintu Partisi Geser Kaca

Pintu partisi geser kaca bisa dibilang sebagai pintu geser terfavorit di Indonesia. Mayoritas rumah yang memasang pintu geser, memakai bahan kaca sebagai bahan utama panelnya. Mengapa demikian?

Hal ini tentu tak lepas dari  manfaat dan keunggulan dari pintu geser berbahan kaca dibanding bahan lainnya seperti kayu. Namun perlu diingat bahwa pintu geser berbahan kaca ini juga memiliki kelemahan, lho.

Beragam pro dan kontra pemasangan sekat ruangan dari kaca ini harus diketahui oleh setiap pemilik rumah. Supaya bisa makin yakin sebelum memasang sliding doors sebagai partisi ruangan.

Kenapa pintu partisi geser kaca sangat bagus untuk rumah minimalis?

Ada banyak alasan kenapa pintu geser berbahan kaca sangat populer, di antaranya adalah kelebihannya berikut ini:

View yang luas dan chic

Salah satu bahan yang paling sering digunakan dalam membuat pintu geser adalah kaca bening. Sifat transparan yang dimiliki kaca bening memberikan kesan chic dan glam di rumah. Tampilan dua sisi ruangan terlihat begitu jelas. Dekorasi pun bisa terlihat lebih unik dengan gaya yang mewah dan cerdas.

Sebagaimana ditulis di sunrisewindows, pemilik rumah bisa menikmati pemandangan secara lebih baik dengan pintu kaca.

Tak perlu cahaya tambahan atau cahaya buatan

Memiliki pintu kaca transparan juga memungkinkan cahaya masuk ke rumah secara lebih leluasa, meskipun saat pintu dalam kondisi tertutup. Kelebihan ini sangat penting, khususnya pada saat musim hujan.

Saat hujan, rumah akan tetap aman karena air tidak bisa masuk. Tapi cahaya tetap bisa menyinari ruangan secara alami tanpa perlu tambahan listrik/lampu.

Memberikan ilusi tanpa batas pada ruangan

Sudah bukan rahasia jika kaca dan cermin merupakan item yang paling banyak dicari saat hendak membuat ilusi dimensi ruang. Ya, kaca dan cermin memang bisa mengubah ruang yang sebenarnya kecil menjadi terasa lebih lega dan terlihat luas dimensinya.

pintu partisi geser kaca
Pintu Partisi Geser Kaca

Sebaliknya, penggunaan kayu yang buram dan tidak tembus pandang akan membuat ruangan terasa lebih sesak dengan dimensi yang terbatas.

Hemat ruang

Pintu geser partisi kaca tidak dibuka dengan cara mengayunkannya. Jadi, tidak butuh ruang di pojokan untuk sekedar membuka pintu. Hasilnya, ruangan terasa lebih lega karena pintunya tak makan tempat.

Isolator yang baik

Kaca merupakan salah satu jenis isolator yang baik. Kaca bisa menghambat hantaran panas atau suhu yang masuk dalam sebuah ruangan. Artinya, pintu geser kaca bisa membantu rumah untuk tetap hangat saat musim hujan tiba. Juga bisa tetap sejuk meski panas di luar sedang menyengat.

Adanya fitur spesial

Beberapa pintu partisi geser berbahan kaca sudah dilengkapi dengan pelapis yang membuatnya terlihat makin mewah. Tak hanya itu, terdapat juga fitur keselamatan tambahan yang disematkan.

Lapisan keselamatan yang dimaksud di sini adalah bahan yang bisa menahan polutan masuk ke dalam rumah. Jadi, rumah tetap aman, nyaman, dan asri.

Bahkan, beberapa desain pintu geser kaca dibuat dengan panel kaca ganda sehingga bisa mengisolasi suhu dengan lebih baik.

Kenapa harus berpikir dua kali sebelum memilih pintu kaca sebagai partisi ruangan?

Selanjutnya, ada beberapa poin yang menjadi bahan pertimbangan sebelum membeli pintu geser kaca. Di antaranya adalah:

Sangat rentan untuk cuaca yang ekstrem

Pintu kaca bisa dibilang kurang cocok untuk daerah yang bercuaca ekstrem seperti sering terjadi badai.

Kuncinya kadang tak sekuat pintu kayu

Meski sudah dilengkapi dengan lock case, tingkat keamanan pintu geser kaca berbeda dengan pintu kayu. Sebab kayu lebih kuat dalam kunci.

Perawatan ekstra

Karena kaca sangat rentan sekali kotor, maka perawatannya juga harus ekstra. Harus sering dibersihkan. Juga dicek secara rutin agar tidak macet dan aus.

Garis tengahnya, jika memilih untuk membeli pintu partisi geser kaca maka tempatkanlah sebagai sekat ruangan dalam. Agar rumah tetap aman dan perawatannya lebih mudah dilakukan.

Baca juga

9 Keuntungan Memasang Pintu Partisi Geser Buat Ruangan
Categories
pintu partisi geser

9 Keuntungan Memasang Pintu Partisi Geser Buat Ruangan

Dewasa ini, pintu partisi geser menjadi salah satu jenis pintu yang makin banyak peminatnya. Hal ini seiring dengan pembangunan rumah minimalis di atas lahan kecil yang juga makin menjamur.

Pintu jenis ini diklaim lebih bagus dibanding pintu konvensional saat digunakan sebagai sekat ruangan pada rumah mungil. Khususnya untuk ruangan kecil dan butuh akses keluar masuk cepat. Benarkah demikian?

Daftar 9 keuntungan memasang pintu partisi geser sebagai sekat ruangan di rumah

Terlepas dari mana yang lebih bagus antara pintu konvensional atau pintu geser, berikut adalah beberapa kelebihan pintu geser atau sliding doors:

Manfaat pintu partisi geser
Manfaat pintu partisi geser

Energi yang efisien

Manfaat pintu geser salah satunya adalah bisa menyimpan energi secara efisien. Dengan pintu ini, rumah akan tetap terasa hangat saat musim dingin. Dan tidak bikin gerah atau sejuk ketika musim panas datang.

Selain itu, pintu ini juga bisa kedap suara, menjadi penghalang hujan, debu, dan angin secara efektif.

Akses keluar masuk yang mudah

Pintu geser membuat akses keluar masuk menjadi lebih mudah. Selain itu, dengan pintu partisi geser kaca, aliran ruangan juga terasa lebih leluasa. Dengan kata lain bisa menciptakan kesan ruangan tanpa batas.

Aman

Kelebihan pintu geser lainnya adalah nilai keamanannya yang tinggi. Beberapa jenis pintu geser kini hadir dengan segel aluminium. Yang mana ini akan menambah nilai keamanan di sebuah rumah.

Di samping itu, bahan yang digunakan untuk membuat pintu juga makin bervariasi. Salah satunya adalah penggunaan kaca anti pecah yang membuatnya makin aman dan tahan lama.

Hemat ruang

Keuntungan pintu geser sebagai sekat ruangan yang paling terkenal adalah hemat ruang. Pintu ini hanya membutuhkan satu garis lurus di area pemasangannya. Artinya, tidak dibutuhkan ruang tambahan lain saat hendak membuka pintu.

Cahaya alami mudah masuk

Cahaya bebas keluar masuk lewat pintu geser dengan panel berbahan dasar kaca. Jadi, saat siang hari, Anda tidak perlu menyalakan lampu dan bisa mengandalkan cahaya alami yang masuk ke dalam rumah. Hemat energi dan uang.

Dengan cahaya alami, Anda juga bisa menikmati keindahan desain interior rumah sepanjang hari.

Mudah dibuka dan ditutup

Pintu geser bisa dibuka dengan mudah. Cukup dengan sedikit dorongan pada pegangan pintu secara lembut ke arah samping kanan atau kiri. Maka pintu pun akan meluncur sesuai dengan arah relnya.

Ramah lingkungan

Salah satu bahan dasar pintu geser yang ramah lingkungan adalah kayu. Kayu ini bisa diperbaharui atau direnovasi dengan leluasa. Kayu juga bisa menjadi isolator yang baik untuk menahan suhu panas atau dingin. Sangat pas buat musim hujan dan kemarau.

Leluasa buat mengawasi anak

Punya anak kecil yang sering main outdoor memang butuh pengawasan ekstra. Dengan sliding doors sebagai partisi ruangan, orang tua bisa mengawasi anak-anak mereka sambil duduk di dalam rumah. Anak juga jauh lebih bebas karena bisa main di luar secara leluasa dan mengekspresikan diri dengan baik.

Bergaya elegan

Ada banyak desain pintu geser yang bisa dipasang untuk rumah minimalis. Mayoritas pintu ini memberikan kesan rumah yang simpel tapi nyaman dan elegan. Bahkan, beberapa desain bisa memberikan kesan modern dan mewah.

Menurut property24, pintu geser juga bisa memberikan kesan ramping dan selaras dalam sebuah rumah.

Kesimpulannya, manfaat pintu partisi geser ini adalah fungsional, praktis, dan bernilai seni sehingga bisa memberikan kesan indah buat rumah mungil.

Baca juga

Pintu Partisi Geser Memiliki 6 Desain Untuk Sekat Dapur
Categories
pintu partisi geser

Pintu Partisi Geser Memiliki 6 Desain Untuk Sekat Dapur

Pintu partisi geser merupakan pilihan yang paling tepat untuk diterapkan di rumah minimalis. Pintu ini tidak makan tempat dan bisa membuat ruangan terlihat lebih luas atau lega. Hasilnya, rumah akan tetap nyaman dengan space yang besar meski luas bangunan rumah sebenarnya kurang memadai.

Salah satu pemakaian pintu geser yang paling banyak dijumpai adalah di area dapur. Pintu ini berfungsi sebagai sekat yang memisahkan antara ruang dapur dengan ruang keluarga. Kenapa?

Di rumah minimalis, dapur biasanya dibuat di area yang terbatas dan tergolong kecil. Dapur ini kadang bahkan hanya berisi tempat kompor, tempat cuci piring, dan tempat iris-iris bahan ketika memasak. Semuanya dibuat dalam 1 garis lurus atau berbentuk huruf L. Tergantung jenis dapurnya.

Dari sinilah dibutuhkan sebuah pintu sebagai partisi. Agar ruangan dapur dengan ruangan lainnya tetap terasa nyaman dan menyatu dengan tema rumah.

Ini 6 pilihan desain pintu partisi geser untuk sekat dapur di rumah minimalis

Selain lega dan efisien, pintu sekat geser juga bisa memberikan manfaat lain. Sebagaimana ditulis di doorson, pintu geser bisa  mencegah dan mengunci bau masakan yang ada di dapur. Dan berikut ini adalah 6 ide pintu geser yang bagus buat dapur di rumah minimalis:

1.      Pintu kaca transparan

Desain yang paling umum digunakan pada area dapur adalah pintu geser dengan kaca transparan. Pintu jenis ini tidak akan membuat ruangan terasa sesak saat pintu dibuka. Juga akan memberikan kesan ruangan luas pada saat pintu ditutup.

Hal ini karena kaca transparan memberikan kesan ruangan terbuka, bisa langsung tembus ke dalam, dan memberikan efek luas bagi siapa saja yang melihatnya.

2.      Pintu kaca buram

Tujuan pemakaian pintu kaca buram pada dasarnya sama dengan pintu kaca transparan, yaitu memberikan kesan yang luas karena kesan ruangan terbuka. Bedanya, pintu kaca buram bisa memberikan nilai tambah dari segi privasi.

Desain Pintu Partisi Geser
Pintu Kaca Buram

Pintu ini cocok sekali buat ibu-ibu yang ingin aktivitas memasaknya tidak terganggu atau terlihat dari ruangan lain. Jadi, memasak bisa terasa lebih bebas.

3.      Desain colorful

Pintu geser dengan desain yang colorful tergolong sangat unik. Warna colorful ini akan memberikan kesan yang mencerahkan dan berbeda karena terlihat begitu kontras dengan warna tembok di rumah.

Selain itu, warna pada pintu juga akan menjadi fokus tersendiri di dalam dapur minimalis. Terlihat chic dan unique!

4.      Desain partisi geser dengan bahan kayu

Salah satu cara agar pintu partisi yang dipilih terlihat bagus adalah dengan menyesuaikan dengan tema rumah. Jika tema utama atau konsep rumah lebih ke arah alam dan menggunakan banyak sekali perabot dari kayu, maka ide desain pintu partisi geser kayu adalah pilihan yang tepat.

Setidaknya ada dua jenis pintu geser kayu, yaitu:

  1. Pintu geser dengan kayu sebagai frame yang dikombinasikan dengan kaca buram atau bening sebagai panelnya.
  2. Pintu geser berbahan full kayu.

Pemilihan pintu geser ini tentu harus disesuaikan dengan desain, konsep, dan kebutuhan rumah.

5.      Modern dan artistik

Untuk tampilan rumah yang lebih modern dan artistik, pilihlah model pintu yang modern dengan kombinasi garis atau bentuk-bentuk seni lainnya.

Agar bisa menyatu dengan konsep rumah minimalis, desain yang paling cocok digunakan adalah desain pintu dengan garis atau kombinasi seni yang simpel.

6.      Frameless

Penggunaan pintu geser frameless ini sudah cukup banyak dijumpai di Indonesia. Bentuknya sangat mirip seperti pintu geser otomatis yang biasanya ada di supermarket dan maal. Tapi untuk pemakaian di dapur, gunakanlah pintu geser yang manual.

Itulah beberapa pilihan model pintu partisi geser untuk dapur yang bisa menjadi inspirasi untuk desain interior rumah minimalis kali ini. Semoga bermanfaat.

Baca juga

Keuntungan Menggunakan Folding Door PVC