Cara Memperbaiki Partisi Sliding Wall Tepat Dan Aman

Partisi sliding wall, selain untuk memisah ruangan, memang sangat efektif digunakan untuk mempercantik ruangan dan mengendalikan suara (peredam). Sayangnya, jika penggunaannya tidak hati-hati, maka semakin tinggi pula risiko kerusakan yang akan terjadi pada dinding partisi geser Anda.

Nah, agar Anda tidak kaget jika sewaktu-waktu partisi dinding Anda rusak, sebaiknya Anda perlu memperhatikan 3 hal berikut ini yaitu jenis kerusakan, tindakan pencegahan, dan cara memperbaikinya jika kerusakan sudah terjadi.

Kerusakan Yang Sering Terjadi Pada Partisi Sliding Wall

Yang pertama kali harus Anda tahu saat memiliki dinding partisi geser adalah apa saja kerusakan yang mungkin terjadi. Menurut kami, ada 4 jenis masalah utama yang harus diwaspadai yaitu :

1.      Susah digerakkan

Hati-hati, jangan memaksa untuk menggesernya karena dapat berakibat fatal seperti panelnya jatuh.

Jika partisi geser Anda sulit digerakkan, maka masalah ini mungkin disebabkan oleh rolling yang tidak berputar (macet), engsel lepas, dan terdapat sesuatu yang mengganjal di lantai atau atap. Macetnya engsel mungkin terjadi akibat kurang pelumas atau jalur terhalang sesuatu. Lepasnya engsel mungkin terjadi karena baut terlepas.

2.      Tidak selaras

Masalah ketidakselarasan sering terjadi pada panel dan pintu jika saat menggeser dan membukanya terlalu keras. Akibatnya, panel menjadi tidak rapi (rata) lagi dan pintu menjadi tidak rapat.

Kerusakan jenis ini harus ditangani oleh tukang service. Mengingat proses penyelarasan kembali membutuhkan keahlian profesional.

3.      Fungsi peredam suara menurun

Menurunnya tingkat peredaman suara sering terjadi akibat pemakaian yang sudah melewati masa. Solusi yang bisa Anda lakukan adalah mengganti bagian peredam dengan yang baru agar fungsinya dapat berjalan dengan baik.

4.      Estetika Menurun

Dinding partisi geser terkena noda

Menurut westproconstruction, Nilai estetika dinding geser yang terpasang di kantor atau sekolah menurun akibat terkena noda (makanan/minuman/tinta), lecet terkena goresan, panel mengelupas atau warnanya yang sudah memudar. Penyelesaiannya dapat dilakukan dengan membersihkan bagian yang terkena noda, melakukan pewarnaan ulang menggunakan cat yang tepat, dan mengganti bagian yang mengelupas.

Tindakan Preventif Agar Dinding Geser Anda Tidak Cepat Rusak

Beberapa tindakan pencegahan yang dapat Anda lakukan agar partisi dinding Anda tidak cepat rusak adalah :

1.      Pilih penyedia jasa pemasangan yang punya reputasi

Kesalahan yang sering terjadi adalah konsumen asal pilih perusahaan dan mudah tergiur dengan penawaran yang paling rendah.

Padahal jika Anda mengorbankan harga di awal, maka bisa jadi ongkos yang Anda keluarkan akan lebih mahal di akhir karena sering terjadi kerusakan akibat keteledoran perusahaan pemasang.

2.      Hati-hati dalam penggunaannya

Pemakaian yang baik tentu akan membuat sliding wall tahan lama. Roda rollingnya tidak mudah macet, engsel pintunya masih halus, dan dinding mampu meredam suara dengan sangat baik.

Jangan hanya karena ruangannya sering dipakai untuk meeting dengan tensi yang tinggi, penggunaan jadi terbawa emosi. Hal seperti ini harus dihindari.

3.      Lakukan inspeksi dan service berkala

Ibarat sepeda motor yang terus di service, tarikannya masih tetap kencang dan mulus. Partisi dinding geser juga memerlukannya. Service berkala dilakukan untuk melihat apakah panel, pintu, rolling dan bagian lainnya masih dalam kondisi prima.

Jika ditemukan satu hal yang tidak beres, maka dapat cepat diperbaiki. Tanpa menunggu kerusakan besar terjadi.

Cara memperbaiki partisi sliding wall yang tepat dan aman

Mekanisme Perbaikan Jika Terjadi Kerusakan

Jika kerusakan terjadi, maka sebaiknya Anda segera melakukan perbaikan. Jika sifatnya kerusakan kecil, maka cara memperbaiki partisi sliding wall cukup mudah. Seperti memberikan pelumas agar engsel dan rolling kembali berjalan lancar.

Namun, jika kerusakannya agar rumit, maka Anda perlu segera memanggil perusahaan penyedia partisi dinding atau tukang service yang andal. Sampaikan keluhannya dengan baik. Pihak perbaikan akan melakukan pengecekan dan memberi tahu apa yang harus diperbaiki. Bila perlu, beberapa bagian partisi harus diganti.

Selanjutnya, tukang service akan memberikan estimasi harga perbaikan.

Perlu Anda ingat, terkadang perusahaan pemasang memberikan garansi dengan syarat tertentu. Jika masalah yang terjadi masih di dalam kontrak garansi, sebaiknya segera klaim menggunakan layanan tersebut.

Nah, sekarang Anda tidak perlu khawatir lagi jika terjadi kerusakan pada dinding penyekat geser. Anda bisa melakukan cara perbaikan partisi sliding wall sesuai yang sudah kami jelaskan di atas.

Baca juga

4 Cara Membagi Ruang Dengan Partisi Sliding Wall

admin

specialis di bidang pintu dan aksesoris

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *