Ide Desain Partisi Sliding Wall Konsep Terbuka Dan Tertutup

Secara garis besar, desain partisi sliding wall terbagi menjadi 2 konsep. Yakni konsep terbuka dan konsep tertutup. Pembuatan dua konsep berbeda ini tergantung pada bahan yang dipilih dan tujuan yang ingin dicapai dalam sebuah ruangan.

Dalam kesempatan kali ini, mari kita bahas konsep terbuka dan tertutup secara lebih detail. Sekaligus mengetahui apa saja bahan yang digunakan dalam konsep desain terbuka. Dan apa saja material atau bahan yang dipakai untuk desain tertutup.

Desain dinding partisi geser dengan konsep terbuka

Bahan yang digunakan pada dinding partisi geser dengan konsep terbuka tak lain dan tak bukan adalah kaca. Kaca bisa memberikan konsep keterbukaan karena bisa membuat ruangan tembus pandang seperti tak bersekat.

Berikut adalah tujuan diterapkannya konsep terbuka dalam sebuah desain ruangan:

Memaksimalkan cahaya

Dengan bahan kaca, cahaya yang masuk dalam ruangan sangatlah maksimal. Biasanya, pemakaian kaca sebagai bahan dinding partisi ditemukan di rumah pribadi, area perkantoran, tempat usaha, dll.

Dengan banyaknya cahaya yang masuk, ruangan akan menjadi lebih terang dan terasa nyaman ditempati.

Menciptakan ruang yang luas

Biasanya konsep desain terbuka ini diterapkan pada rumah atau ruangan yang memiliki dimensi kecil. Dengan menggunakan kaca sebagai bahan panel utama, maka terciptalah sebuah ilusi dimensi. Yang kemudian akan membuat ruangan terasa lebih luas meskipun ukurannya tidak ditambah.

Controlling yang bebas

Manfaat atau kelebihan dari desain berkonsep terbuka lainnya adalah sistem kontrol yang bisa dilakukan dengan leluasa. Ini berkaitan erat dengan penerapan desain berkonsep terbuka pada area kantor.

Biasanya, seorang pemimpin butuh untuk terus mengontrol pekerjaan anak buahnya. Maka dari itu, dibuatlah ruang berpartisi berbahan kaca yang tembus pandang satu sisi.

Dengan demikian, pemimpin tersebut bisa melihat pergerakan setiap anak buahnya dengan baik. Sementara aktivitasnya di ruangan tersebut tetap aman dan tidak terganggu.

Desain partisi sliding wall dengan konsep tertutup

Pemakaian partisi ruangan ini banyak ditemukan di area perkantoran dan hotel. Sementara untuk pemakaian pada rumah pribadi, jumlahnya mungkin tak sebanyak desain dengan konsep terbuka.

Partisi sliding wall
Desain Partisi Sliding Konsep Tertutup

Bahan yang digunakan biasanya adalah kayu, aluminium, atau kombinasi keduanya. Juga bahan-bahan lain yang kokoh tapi tidak tembus pandang.

Apa tujuan dipasang partisi ruangan berdinding geser dengan konsep tertutup?

Privasi

Jika diterapkan di area kantor, desain tertutup akan membuat privasi para karyawan terjaga. Artinya, karyawan memiliki area dan tempat kerja mereka sendiri. Hal ini memungkinkan karyawan untuk bisa fokus berpikir dan menyelesaikan pekerjaannya tanpa gangguan apapun.

Jika diterapkan di area perhotelan tentu akan sangat menguntungkan. Karena setiap tamu yang datang sejatinya membutuhkan privasi. Dengan memberikan apa yang mereka butuhkan tentu akan membuat nilai kepuasan mereka terhadap pelayanan hotel meningkat.

Bebas suara yang mengganggu

Partisi sliding wall dengan konsep desain tertutup membuat suara gaduh dapat diredam dengan baik. Hal ini penting untuk para karyawan agar bisa fokus bekerja.

Selain itu, jika konsep ini diterapkan di hotel, maka para tamu hotel pun lebih merasa nyaman karena bebas dari suara yang mengganggu.

Meningkatkan kreativitas

Partisi ruang yang tertutup juga memungkinkan para karyawan di kantor dapat meningkatkan kreativitas mereka. Sebab akan jauh lebih fokus pada pekerjaan dan bisa menciptakan ide-ide baru setiap saat.

Adanya hierarki yang jelas dan pemanfaatan ruang yang jelas

Di kantor, sekat ruangan tertutup akan membuat struktur organisasi yang jelas. Mana ruang kantor seorang pemimpin dan anak buahnya, mana ruang ketua tim dan anggota timnya. Semua jelas hierarkinya.

Di hotel, pemanfaatan ruang juga akan menjadi jelas dengan penerapan sekat ruangan dinding geser secara tepat. Mana ruangan yang difungsikan sebagai aula, mana yang bisa dipakai untuk kelas atau workshop-workshop singkat.

Tidak banyak mengobrol

Bagi sebagian orang, salah satu hal yang bisa menghambat pekerjaan adalah terlalu banyak ngobrol di kantor, demikian sebagaimana dilansir dari tcdconstrction.

Dengan desain partisi ruangan berkonsep tertutup, karyawan tidak bisa dengan mudah berbicara dengan karyawan lainnya sehingga bisa lebih fokus bekerja

Kesimpulannya, desain partisi sliding wall berkonsep tertutup dan terbuka hadir dengan kelebihan masing-masing. Anda bisa memilih satu untuk diterapkan di ruangan dengan pemanfaatan yang jelas.

Baca juga

Partisi Sliding Wall Kaca Untuk Ruang Publik Dan Non Publik

admin

specialis di bidang pintu dan aksesoris

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *