Ide Desain Partisi Sliding Wall Untuk Sekat Ruangan Di Rumah

Partisi sliding wall ternyata tidak hanya bisa digunakan untuk membuat sekat ruangan di perkantoran, tetapi juga di rumah pribadi. Dinding geser ini memiliki fleksibilitas yang tinggi sehingga bisa dipasang di mana saja dan kapan saja.

Tidak peduli ruangan dimensinya sebesar apa. Asal bisa dipasangi lintasan dan dindingnya bisa melintas dengan baik maka dinding geser sudah siap menyekat ruangan dengan memaksimalkan pemakaian area.

Pemanfaatan sliding wall ini bisa dilihat dalam beberapa contoh. Kita akan mengulasnya dalam pembahasan kali ini.

Ini pilihan inspirasi desain partisi sliding wall untuk sekat ruangan di rumah modern

Berikut ini adalah beberapa partisi ruangan di rumah yang bisa dilakukan dengan menggunakan dinding geser:

Desain ruang terbuka

Anda bisa menciptakan desain dengan konsep ruang terbuka memakai dinding geser. Pembuatan ruang terbuka ini biasanya dilakukan pada konstruksi rumah yang membuat ruang tamu, ruang keluarga, dan taman dalam satu garis lurus.

Jadi, dari depan kita akan disuguhi dengan ruang tamu yang minimalis, kemudian ruang keluarga, dan langsung menuju ke taman belakang.

Spot favorit dinding partisi geser di rumah-rumah minimalis adalah sebagai penyekat antara ruang keluarga dan taman belakang. Ketika partisi dari ruang tamu, ruang keluarga, dan taman belakang dibuka. Maka terciptalah sebuah area terbuka dengan dimensi yang sangat luas.

Area terbuka ini sangat bermanfaat ketika ada acara keluarga besar yang membutuhkan banyak space dalam rumah modern.

Ruang kerja dan ruang baca

Ide desain partisi sliding wall untuk sekat ruang rumah
Partisi Sliding Wall Untuk Ruang Rumah Anda

Berperan sebagai partisi ruangan, dinding geser ini bisa digunakan sebagai penyekat ruangan kerja dan ruang baca. Dua ruangan ini masih se-tema karena sama-sama membutuhkan keheningan dan fokus.

Jika ruangan yang disekat menjadi dua ruangan adalah sebuah ruangan yang besar, maka menggunakan material kayu bisa menjadi pilihan yang jitu. Kayu bisa menciptakan suasana hening di dalam ruangan karena bersifat kedap suara.

Sebagaimana dilansir dari bettersoundproofing, kayu bisa merefleksikan dan menyerap suara. Artinya dapat membuat suara teredam dengan baik

Namun, jika ruangan yang disekat menjadi dua ruangan adalah ruangan yang tidak terlalu besar, maka material terbaik adalah kaca. Jenisnya terserah, mau yang bening atau buram.

Kaca transparan akan menambah nilai seni ruangan dan membuat pembaca di dua ruangan tersebut makin fokus karena bisa baca sambil lihat pemandangan.

Sebaliknya, jika menghendaki privasi di masing-masing ruangan, Anda bisa menggunakan kaca buram sebagai materi utama dari panel dinding tersebut.

Anda juga bisa menggabungkan dua material sekaligus (misal: kaca dan kayu). Untuk mendapatkan hasil desain yang lebih artistik dengan fungsi kedap suara yang baik.

Pemisah dua ruangan kamar tidur

Saat anak-anak memasuki usia remaja, mereka mungkin akan mulai merengek meminta dibuatkan kamar tidur baru agar bisa lebih fokus dan nyaman.

Jika Anda menerapkan partisi sliding wall, maka tak perlu lagi melakukan renovasi rumah hanya untuk menambah kamar konvensional. Tetapi Anda bisa memanfaatkan ruangan yang besar tersebut dengan memberinya sekat.

Pemasangan sliding wall ini lebih ekonomis ketimbang harus membuat ruangan baru dengan menghancurkan ruangan lama terlebih dulu. Toh, partisi dinding ini juga memungkinkan Anda untuk membuat pintu ruangan dengan desain yang simpel tapi elegan.

Desain dinding partisi geser juga makin banyak. Jadi bisa pilih sesuka hati untuk diterapkan di salah satu rumah sesuai dengan tema yang diangkat.

Pemakaian partisi sliding wall untuk rumah umumnya adalah sekat ruangan yang berbahan kaca. Material ini dipilih karena rumah memiliki dimensi yang kecil namun ingin menonjolkan kesan yang luas, bebas, dan leluasa.

Baca juga

Cara Memperbaiki Partisi Sliding wall Tepat Dan Aman