Categories
partisi sliding wall

Pentingnya Memasang Partisi Sliding Wall Di 4 Ruangan

Penyekat dinding geser atau partisi sliding wall menawarkan banyak manfaat, salah satunya adalah menciptakan ruangan yang hening. Ruangan hening ini tercipta karena adanya peredam suara yang dipakai sebagai bahan pembuat dinding partisi geser.

Bahan-bahan tersebut antara lain rockwool, glasswool, lem peredam suara, dan gypsum. Kombinasi pemakaian bahan ini pada dinding partisi geser tergantung pada produsennya. Biasanya ini akan mempengaruhi harga dari dinding geser tersebut.

Oleh karena itu, sebelum membeli sebaiknya kita lebih jeli dalam memilih pintu geser mana yang dibuat dengan bahan berkualitas sehingga bisa tahan lama.

Terlepas dari pemakaian bahannya yang berbeda, dimasukkannya bahan peredam suara dalam dinding geser tetap akan memberikan manfaat meredam suara. Hanya kekuatan atau tingkat meredam suaranya saja yang berbeda.

Maka dari itu, untuk dapat mendapatkan yang terbaik, Anda juga perlu menyesuaikannya dengan kebutuhan. Apakah Anda butuh ruangan dengan peredam suara bervolume tinggi atau sedang-sedang saja.

Ini 4 jenis ruangan yang butuh partisi sliding wall dengan peredam suara

Nah, berhubungan dengan hal di atas, ada 4 jenis ruangan yang membutuhkan keheningan sehingga dinding gesernya harus mampu meredam suara dengan baik. Apa saja ruangan yang dimaksud?

Ruang kuliah

Semakin banyak gedung perkuliahan yang menggunakan sistem dinding berpartisi geser. Proses pemasangan yang relatif cepat dan mudah membuat para kontraktor kampus melirik dinding jenis ini.

Selain prosesnya yang cepat, dinding ini juga memiliki manfaat lain, yaitu bisa meredam suara antar ruangan.

Seperti diketahui, saat kegiatan perkuliahan dimulai, sebisa mungkin suara antar kelas tidak terdengar. Sudah seharusnya belajar dilakukan di ruangan yang hening, di mana kita tidak mendengar suara dari ruangan lain yang berpotensi mengganggu kegiatan perkuliahan.

Meeting room atau ruang rapat

Berbeda dengan hari biasa di kantor, rapat merupakan salah satu kegiatan kantor yang cukup bikin deg-degan dan membutuhkan konsentrasi. Saking pentingnya, menyela kegiatan rapat itu tidak diperbolehkan di beberapa perusahaan.

Partisi Sliding Wall Untuk Meeting Room
Partisi Sliding Wall Untuk Meeting Room

Maka dari itu, meeting room atau ruang rapat harus dibuat dengan bahan yang bisa meredam suara. Sehingga suara dari luar tidak akan terdengar sampai ke dalam. Kebisingan sekecil apapun harusnya dihindari ketika rapat sedang dihelat.

Partisi sliding wall yang dipasang di kantor-kantor tak hanya bisa memberikan manfaat tersebut. Lebih dari itu, proses pemasangan yang fleksibel memungkinkan Anda untuk bisa membentuk ruang rapat hanya saat akan diadakan rapat.

Dan saat tidak rapat, ruangan bisa dibiarkan terbuka untuk memberikan kesan luas pada area kantor. Sekaligus bisa memberikan kenyamanan karena kantor tak terlihat penuh sesak.

Ruang ibadah

Mushola menjadi salah satu kebutuhan mendasar yang harus ada di setiap bangunan, termasuk di antaranya adalah maal.

Mushola harus menempati prioritas pertama saat maal melakukan renovasi. Bangunan ini harus ada dulu karena setiap pengunjung, karyawan, dan manajemen maal membutuhkan ruang ibadah ini.

Kabar baiknya, dinding geser partisi bisa dibuat dengan cepat dan dapat meredam suara dengan baik. Sehingga, tak hanya tingkat kecepatan pemasangan atau pembangunan, tetapi juga tingkat konsentrasi dalam beribadah yang terjaga.

Ballroom hotel

Ballroom hotel merupakan area publik yang sering disewa untuk berbagai jenis acara. Tak heran bila menurut lodgingmagazine, ballroom harus didesain dengan bagus untuk meningkatkan pendapatan.

Kebutuhan masing-masing acara tentu berbeda satu dengan lainnya. Dinding, sekat, dan ruangan yang dibutuhkan pelanggan pun jelas berbeda.

Maka dari itu, ballroom hotel harus dibuat dari bahan yang fleksibel sehingga bisa dibongkar pasang sesuai selera tanpa tambahan biaya.

Dan karena kebanyakan acara di hotel memakai pengeras suara, maka agar antar acara yang digelar di ballroom tak saling mengganggu, dibutuhkanlah sebuah dinding partisi geser yang dapat meredam suara dengan baik.

Selain ruangan di atas, masih banyak ruang lainnya yang membutuhkan partisi sliding wall yang sudah terinstal peredam suara. Bahkan, dinding geser ini bisa dipasang di rumah, khususnya pada ruang teater atau ruangan yang dekat dengan jalan besar.

Baca juga

3 Material Peredam Suara Dalam Partisi Sliding Wall
Categories
partisi sliding wall

3 Material Peredam Suara Dalam Partisi Sliding Wall

Ada banyak bahan yang bisa digunakan untuk membuat partisi sliding wall. Sebut saja kayu, kaca, aluminium, dan lainnya. Bahan-bahan ini biasanya diletakkan sebagai panel pintu atau partisi dinding utama dan harus dibuat dengan desain yang menarik.

Selain dibuat dengan desain yang menarik, bahan-bahan tersebut biasanya juga harus memberikan efek kedap suara. Hal ini karena kebanyakan ruangan yang menggunakan partisi dinding geser memerlukan fungsi tersebut.

Kayu dan kaca yang digunakan sebagai bahan pada panel utama memang bisa sedikit meredam suara yang bervolume kecil. Untuk suara bervolume tinggi, seperti pemakaian microphone, dibutuhkan tambahan peredam suara lain.

Agar suara benar-benar teredam dan aktivitas antar ruangan bisa berjalan beriringan, tidak saling mengganggu.

Tambahan peredam suara apa yang biasanya digunakan pada dinding geser?

Ini 3 pilihan bahan peredam suara yang digunakan dalam partisi sliding wall

Berikut ini adalah 3 bahan yang biasanya digunakan sebagai tambahan pada dinding geser untuk bisa memberikan manfaat kedap suara dengan baik:

Gypsum

Peran gypsum sebagai bahan peredam suara memang tidak perlu diragukan. Bahan ini jugalah yang bisa meredam suara hujan yang ada di atap rumah ketika musim penghujan tiba.

Gypsum biasanya dipakai untuk membuat langit-langit ruangan. Dalam kaitannya dengan dinding partisi geser, langit-langit ini juga berfungsi sebagai tempat lintasan yang akan memudahkan kita untuk membentuk ruangan sesuai dengan keinginan.

Salah satu kekurangan gypsum adalah mudah pecah. Untuk itu, diperlukan profesional dalam proses pembuatan hingga instalasi dinding geser. Supaya dinding tersebut dapat berdiri kokoh dan aman dari suara bising meski tak sampai sempurna 100%.

Lem peredam suara

Agar suara dapat teredam dengan baik, bahan lain diperlukan untuk membuat partisi sliding wall. Yakni dengan menambahkan lem peredam suara.

Bahan lem peredam suara ini semakin populer karena dikenal dapat meredam suara dengan performa terbaik.

Fungsi utama lem peredam suara ini adalah memaksimalkan kinerja bahan peredam suara lain, sekaligus menjadi peredam suara itu sendiri.

Lem ini biasanya dipakai secara kombinasi bersama gypsum. Sama dengan gypsum, pemakaian lem juga harus dilakukan dengan hati-hati.

Sebelum diterapkan, lem harus dipastikan dapat:

  1. Merekatkan gypsum dengan sempurna.
  2. Memiliki kinerja yang efektif untuk meredam suara dengan sempurna.

Karena dibutuhkan ketelitian dan kecermatan untuk mendapatkan hasil terbaik. Bantuan profesional mungkin diperlukan. Pertama, untuk mengecek pemilihan bahan dengan tepat. Kedua, memastikan bahan tersebut tidak rusak, dipasang dengan aman, dan mampu memberikan manfaatnya dengan sempurna.

Rockwool dan glasswool

Bahan yang juga masuk dalam daftar trend peredam suara adalah glasswool dan rockwool. Apakah glasswool dan rockwool itu?

Rockwool sebagai bahan peredam suara di partisi sliding wall

Fiberglass adalah bahan utama penyusun Glasswool. Ketebalan glasswool ini hanya sekitar 2,5 cm sampai 5 cm. Dan kepadatannya sekitar 25 gr/cm3 sampai 75 gr/cm3. Glasswool biasanya berbentuk lembaran atau gulungan.

Dengan ukuran  ketebalan sedemikian rupa, lembaran glasswool bisa dimasukkan dalam dinding partisi geser dan meredam suara dengan cukup baik.

Sementara rockwool memiliki tampilan yang hampir sama dengan glasswool. Rockwool ini memiliki kepadatan sekitar 30 sampai 100 gram per cm kubik.

Bahan penyusun rockwool adalah produk serat mineral yang sangat ringan. Menariknya, selain berfungsi untuk meredam suara, rockwool juga bisa menyerap panas.

Hasilnya, selain bisa menciptakan ruangan yang hening, menurut ewistore, rockwool juga bisa membantu membuat suasana ruangan jadi lebih sejuk.

Rockwool sendiri dijual dengan bebas dalam bentuk roll atau lembaran dengan harga yang relatif murah.

Memasang partisi sliding wall untuk mendapatkan ruangan yang hening membutuhkan banyak bahan khusus. Menyerahkan produksi dan pemasangannya kepada para ahli adalah pilihan yang terbaik untuk menghindari hal-hal tak diinginkan.

Baca juga

Ide Desain Partisi Sliding Wall Untuk Sekat Ruangan Di Rumah
Categories
partisi sliding wall

Ide Desain Partisi Sliding Wall Untuk Sekat Ruangan Di Rumah

Partisi sliding wall ternyata tidak hanya bisa digunakan untuk membuat sekat ruangan di perkantoran, tetapi juga di rumah pribadi. Dinding geser ini memiliki fleksibilitas yang tinggi sehingga bisa dipasang di mana saja dan kapan saja.

Tidak peduli ruangan dimensinya sebesar apa. Asal bisa dipasangi lintasan dan dindingnya bisa melintas dengan baik maka dinding geser sudah siap menyekat ruangan dengan memaksimalkan pemakaian area.

Pemanfaatan sliding wall ini bisa dilihat dalam beberapa contoh. Kita akan mengulasnya dalam pembahasan kali ini.

Ini pilihan inspirasi desain partisi sliding wall untuk sekat ruangan di rumah modern

Berikut ini adalah beberapa partisi ruangan di rumah yang bisa dilakukan dengan menggunakan dinding geser:

Desain ruang terbuka

Anda bisa menciptakan desain dengan konsep ruang terbuka memakai dinding geser. Pembuatan ruang terbuka ini biasanya dilakukan pada konstruksi rumah yang membuat ruang tamu, ruang keluarga, dan taman dalam satu garis lurus.

Jadi, dari depan kita akan disuguhi dengan ruang tamu yang minimalis, kemudian ruang keluarga, dan langsung menuju ke taman belakang.

Spot favorit dinding partisi geser di rumah-rumah minimalis adalah sebagai penyekat antara ruang keluarga dan taman belakang. Ketika partisi dari ruang tamu, ruang keluarga, dan taman belakang dibuka. Maka terciptalah sebuah area terbuka dengan dimensi yang sangat luas.

Area terbuka ini sangat bermanfaat ketika ada acara keluarga besar yang membutuhkan banyak space dalam rumah modern.

Ruang kerja dan ruang baca

Ide desain partisi sliding wall untuk sekat ruang rumah
Partisi Sliding Wall Untuk Ruang Rumah Anda

Berperan sebagai partisi ruangan, dinding geser ini bisa digunakan sebagai penyekat ruangan kerja dan ruang baca. Dua ruangan ini masih se-tema karena sama-sama membutuhkan keheningan dan fokus.

Jika ruangan yang disekat menjadi dua ruangan adalah sebuah ruangan yang besar, maka menggunakan material kayu bisa menjadi pilihan yang jitu. Kayu bisa menciptakan suasana hening di dalam ruangan karena bersifat kedap suara.

Sebagaimana dilansir dari bettersoundproofing, kayu bisa merefleksikan dan menyerap suara. Artinya dapat membuat suara teredam dengan baik

Namun, jika ruangan yang disekat menjadi dua ruangan adalah ruangan yang tidak terlalu besar, maka material terbaik adalah kaca. Jenisnya terserah, mau yang bening atau buram.

Kaca transparan akan menambah nilai seni ruangan dan membuat pembaca di dua ruangan tersebut makin fokus karena bisa baca sambil lihat pemandangan.

Sebaliknya, jika menghendaki privasi di masing-masing ruangan, Anda bisa menggunakan kaca buram sebagai materi utama dari panel dinding tersebut.

Anda juga bisa menggabungkan dua material sekaligus (misal: kaca dan kayu). Untuk mendapatkan hasil desain yang lebih artistik dengan fungsi kedap suara yang baik.

Pemisah dua ruangan kamar tidur

Saat anak-anak memasuki usia remaja, mereka mungkin akan mulai merengek meminta dibuatkan kamar tidur baru agar bisa lebih fokus dan nyaman.

Jika Anda menerapkan partisi sliding wall, maka tak perlu lagi melakukan renovasi rumah hanya untuk menambah kamar konvensional. Tetapi Anda bisa memanfaatkan ruangan yang besar tersebut dengan memberinya sekat.

Pemasangan sliding wall ini lebih ekonomis ketimbang harus membuat ruangan baru dengan menghancurkan ruangan lama terlebih dulu. Toh, partisi dinding ini juga memungkinkan Anda untuk membuat pintu ruangan dengan desain yang simpel tapi elegan.

Desain dinding partisi geser juga makin banyak. Jadi bisa pilih sesuka hati untuk diterapkan di salah satu rumah sesuai dengan tema yang diangkat.

Pemakaian partisi sliding wall untuk rumah umumnya adalah sekat ruangan yang berbahan kaca. Material ini dipilih karena rumah memiliki dimensi yang kecil namun ingin menonjolkan kesan yang luas, bebas, dan leluasa.

Baca juga

Cara Memperbaiki Partisi Sliding wall Tepat Dan Aman
Categories
partisi sliding wall

Cara Memperbaiki Partisi Sliding Wall Tepat Dan Aman

Partisi sliding wall, selain untuk memisah ruangan, memang sangat efektif digunakan untuk mempercantik ruangan dan mengendalikan suara (peredam). Sayangnya, jika penggunaannya tidak hati-hati, maka semakin tinggi pula risiko kerusakan yang akan terjadi pada dinding partisi geser Anda.

Nah, agar Anda tidak kaget jika sewaktu-waktu partisi dinding Anda rusak, sebaiknya Anda perlu memperhatikan 3 hal berikut ini yaitu jenis kerusakan, tindakan pencegahan, dan cara memperbaikinya jika kerusakan sudah terjadi.

Kerusakan Yang Sering Terjadi Pada Partisi Sliding Wall

Yang pertama kali harus Anda tahu saat memiliki dinding partisi geser adalah apa saja kerusakan yang mungkin terjadi. Menurut kami, ada 4 jenis masalah utama yang harus diwaspadai yaitu :

1.      Susah digerakkan

Hati-hati, jangan memaksa untuk menggesernya karena dapat berakibat fatal seperti panelnya jatuh.

Jika partisi geser Anda sulit digerakkan, maka masalah ini mungkin disebabkan oleh rolling yang tidak berputar (macet), engsel lepas, dan terdapat sesuatu yang mengganjal di lantai atau atap. Macetnya engsel mungkin terjadi akibat kurang pelumas atau jalur terhalang sesuatu. Lepasnya engsel mungkin terjadi karena baut terlepas.

2.      Tidak selaras

Masalah ketidakselarasan sering terjadi pada panel dan pintu jika saat menggeser dan membukanya terlalu keras. Akibatnya, panel menjadi tidak rapi (rata) lagi dan pintu menjadi tidak rapat.

Kerusakan jenis ini harus ditangani oleh tukang service. Mengingat proses penyelarasan kembali membutuhkan keahlian profesional.

3.      Fungsi peredam suara menurun

Menurunnya tingkat peredaman suara sering terjadi akibat pemakaian yang sudah melewati masa. Solusi yang bisa Anda lakukan adalah mengganti bagian peredam dengan yang baru agar fungsinya dapat berjalan dengan baik.

4.      Estetika Menurun

Dinding partisi geser terkena noda

Menurut westproconstruction, Nilai estetika dinding geser yang terpasang di kantor atau sekolah menurun akibat terkena noda (makanan/minuman/tinta), lecet terkena goresan, panel mengelupas atau warnanya yang sudah memudar. Penyelesaiannya dapat dilakukan dengan membersihkan bagian yang terkena noda, melakukan pewarnaan ulang menggunakan cat yang tepat, dan mengganti bagian yang mengelupas.

Tindakan Preventif Agar Dinding Geser Anda Tidak Cepat Rusak

Beberapa tindakan pencegahan yang dapat Anda lakukan agar partisi dinding Anda tidak cepat rusak adalah :

1.      Pilih penyedia jasa pemasangan yang punya reputasi

Kesalahan yang sering terjadi adalah konsumen asal pilih perusahaan dan mudah tergiur dengan penawaran yang paling rendah.

Padahal jika Anda mengorbankan harga di awal, maka bisa jadi ongkos yang Anda keluarkan akan lebih mahal di akhir karena sering terjadi kerusakan akibat keteledoran perusahaan pemasang.

2.      Hati-hati dalam penggunaannya

Pemakaian yang baik tentu akan membuat sliding wall tahan lama. Roda rollingnya tidak mudah macet, engsel pintunya masih halus, dan dinding mampu meredam suara dengan sangat baik.

Jangan hanya karena ruangannya sering dipakai untuk meeting dengan tensi yang tinggi, penggunaan jadi terbawa emosi. Hal seperti ini harus dihindari.

3.      Lakukan inspeksi dan service berkala

Ibarat sepeda motor yang terus di service, tarikannya masih tetap kencang dan mulus. Partisi dinding geser juga memerlukannya. Service berkala dilakukan untuk melihat apakah panel, pintu, rolling dan bagian lainnya masih dalam kondisi prima.

Jika ditemukan satu hal yang tidak beres, maka dapat cepat diperbaiki. Tanpa menunggu kerusakan besar terjadi.

Cara memperbaiki partisi sliding wall yang tepat dan aman

Mekanisme Perbaikan Jika Terjadi Kerusakan

Jika kerusakan terjadi, maka sebaiknya Anda segera melakukan perbaikan. Jika sifatnya kerusakan kecil, maka cara memperbaiki partisi sliding wall cukup mudah. Seperti memberikan pelumas agar engsel dan rolling kembali berjalan lancar.

Namun, jika kerusakannya agar rumit, maka Anda perlu segera memanggil perusahaan penyedia partisi dinding atau tukang service yang andal. Sampaikan keluhannya dengan baik. Pihak perbaikan akan melakukan pengecekan dan memberi tahu apa yang harus diperbaiki. Bila perlu, beberapa bagian partisi harus diganti.

Selanjutnya, tukang service akan memberikan estimasi harga perbaikan.

Perlu Anda ingat, terkadang perusahaan pemasang memberikan garansi dengan syarat tertentu. Jika masalah yang terjadi masih di dalam kontrak garansi, sebaiknya segera klaim menggunakan layanan tersebut.

Nah, sekarang Anda tidak perlu khawatir lagi jika terjadi kerusakan pada dinding penyekat geser. Anda bisa melakukan cara perbaikan partisi sliding wall sesuai yang sudah kami jelaskan di atas.

Baca juga

4 Cara Membagi Ruang Dengan Partisi Sliding Wall
Categories
partisi sliding wall

4 Cara Membagi Ruang Dengan Partisi Sliding Wall

Sesuai dengan namanya, partisi sliding wall merupakan dinding geser yang bisa dibentuk dengan bantuan lintasan yang sudah tersedia di langit-langit ruangan. Lintasan ini sudah dibuat sedemikian rupa supaya bisa mendukung fleksibilitas pemasangan dan pemakaian.

Keberadaan dinding geser ini memfasilitasi kebutuhan pasar yang mungkin butuh merubah ruang sewaktu-waktu. Atau membagi satu ruang menjadi dua ruang yang lebih kecil. Dengan memakai dinding geser ini, partisi ruang akan jauh lebih mudah dilakukan secara praktis dan ekonomis.

Nah, sebelum membagi ruang menjadi dua atau lebih ruang kecil. Anda perlu Mempertimbangkan beberapa hal supaya partisi ruangan bisa terlihat estetik dan bisa berfungsi secara maksimal. Bagaimana caranya?

Begini cara membagi ruang dengan partisi sliding wall

Untuk bisa mendapatkan desain ruangan dengan pemanfaatan maksimal, berikut ini adalah tips pembagian ruang menggunakan dinding geser berpartisi:

Cara Membagi ruangan dengan partisi sliding wall
Cara membagi ruang dengan partisi sliding wall

1.      Membuat susunan tata letak

Sebelum mulai merubah ruangan, hendaknya Anda membuat rencana denah ruang yang akan dibuat. Buatlah denah lantai dengan menyesuaikan garis-garis lintasan partisi dinding geser.

Biasanya lintasan yang dipasang pada ruangan kecil dengan ruangan besar dengan konsep terbuka berbeda. Jadi, perhatikan dengan seksama.

Saat membuat denah lantai, Anda perlu mengukur ruangan menggunakan meteran. Kemudian gambarlah dalam bentuk sketsa gambar. Bisa melalui komputer atau di kertas. Pilih yang paling nyaman menurut Anda.

Jangan dulu rubah ruangan sebelum denah yang Anda buat benar-benar sudah fix atau pasti. Kalau pun mau merubah desainnya, ubah dulu dalam bentuk sketsa.

2.      Tujuan yang jelas

Untuk membantu membuat desain dengan baik, tidak bimbang dan ragu, sebaiknya tentukan dulu tujuan ruangan tersebut dengan jelas. Sebagai contoh, sebuah ruangan besar di basement bisa dipisah menjadi ruangan untuk menonton film di rumah dan ruang baca kecil di sudut ruangan tersebut.

Anda juga memisahkan ruang besar menjadi dua kamar tidur untuk anak-anak di rumah. Dengan pemisahan kamar ini, anak-anak akan memiliki privasinya masing-masing.

3.      Gaya dekorasi dan fungsi ruangan

Setelah pasti tujuan dan tata letaknya dalam bentuk sketsa, mulailah menentukan gaya dekorasi yang Anda inginkan. Sesuaikan dekorasi ini dengan fungsi ruangan.

Sebagai contoh, jika Anda memisahkan dua ruangan untuk dijadikan ruang teater dan ruang baca, maka model partisi dinding geser kayu bisa menjadi pilihan yang baik. Karena kayu cukup mampu meredam suara film yang diputar di ruang teater agar tak terdengar di ruang baca.

Dinding kayu juga bisa memberikan efek tradisional dan lebih alami. Sangat cocok untuk tempat membaca supaya bisa lebih fokus.

Menurut howstuffworks, jika Anda ingin membuat dua kamar tidur dari satu ruang yang besar, maka bisa dibuat dari satu dinding permanen dan satu dinding partisi geser.

Untuk dinding partisi geser, cobalah menggunakan dinding partisi kaca buram. Kaca buram bisa memberikan privasi kepada masing-masing pemilik kamar. Di sisi lain, bahan kaca juga cukup bisa memberikan efek kedap suara.

Dengan pilihan bahan kaca, kamar tidur juga memiliki sirkulasi udara yang baik. Ruang kamar jadi tidak lembab dan nyaman untuk tidur. Cahaya yang masuk di dalam kamar juga bisa menjadi nilai tambah tersendiri buat kamar tidur.

4.      Alternatif lainnya

Dengan partisi sliding wall, Anda tidak hanya bisa membagi satu ruangan menjadi dua ruangan berbeda. Tetapi juga jadi tiga ruangan. Misalnya, membagi satu ruangan menjadi 2 kamar tidur dan 1 kamar untuk bermain anak berkonsep terbuka.

Hal ini dimaksudkan agar anak merasa bebas dan leluasa dalam bermain. Sehingga bisa mengekplorasi diri dengan baik.

Asalkan dilakukan dengan tata letak dan model yang baik, ruang kerja baru yang didapatkan dengan partisi sliding wall tetap memberikan fungsi yang memadai dengan desain yang apik.

Baca juga

Manfaat Partisi Sliding Wall Untuk Di Erak Sekarang