Kenali dengan baik bahan penyekat ruang yang Anda gunakan untuk rumah minimalis. Ketahui perawatan dan pemanfaatannya secara maksimal.

Di antara dua bahan partisi berkonsep lipat yang umum digunakan dan terkenal ekonomis adalah aluminium dan PVC. Keduanya tersedia dalam varian bukaan ganda (dua arah). Maka dari itu, pada kesempatan kali ini kami akan memberikan review mengenai keduanya.

Review penyekat ruang PVC ganda

Partisi yang dapat terbuka kedua arah umumnya terpasang dengan tujuan untuk memberikan akses tak terbatas pada sebuah ruangan.

Penyekat ruang PVC cocok untuk ruang dapur

Misalnya, saat dipasang di antara ruang tengah dan area taman belakang, maka fungsinya adalah agar saat ada acara di taman belakang, partisi tersebut dapat dibuka seluruhnya.

Artinya, ketika ada banyak tamu atau ada pesta kecil-kecilan, semua orang yang datang bisa bercengkerama bersama dalam ruangan yang lebih luas.

Nah, bila Anda memasang PVC untuk ruangan seperti ini, maka sebenarnya sudah cukup bagus. Hanya saja perlu diperhatikan bahwa PVC tidak begitu cocok untuk konsep eksterior. Hal ini karena ketahanannya terhadap cuaca tidak lebih baik dari pada aluminium.

Benar bahwa ia bisa menahan air, namun bila ada banjir, suara petir, dan air yang deras, dia tidak cukup mampu menahan dan meredam suaranya dengan baik. Bentuknya juga tidak cukup kokoh untuk menahan air yang terlalu deras.

Artinya, bila Anda mau menggunakan partisi dengan bahan PVC, baiknya tergunakan pada ruangan yang letaknya di dalam saja. Misalnya sebagai penyekat antara dapur dan ruang makan, toilet dan kamar mandi, atau ruang ibadah di dalam rumah.

Berikut penjelasan detailnya:

  1. Saat terpasang di dapur dan ruang makan, maka saat ada hajatan yang membutuhkan space besar untuk memasak, Anda bisa menggabungkan kedua ruangan tersebut dengan cara membuka partisinya.
  2. Untuk penggunaan di toilet dan kamar mandi, biasanya ada di konsep rumah mewah, mall, atau gedung-gedung besar. PVC memiliki manfaatkan karena harganya yang cenderung lebih murah, ringan, dan cepat pemasangannya.
  3. Cocok juga untuk ruang ibadah di mana saat butuh ruangan yang luas buat jamaah, Anda tinggal memukanya secara menyeluruh. Karena PVC tidak terlalu dapat meredam suara, suara imam akan terdengar sampai jamaah yang paling belakang.

Itulah pemanfaatan yang paling cocok buat penyekat ruang PVC.

Review penyekat ruangan aluminium

Aluminium dikenal dengan bahannya yang kokoh, tahan air, tidak mudah berkarat, tahan jamur, dan bisa ditempatkan baik untuk eksterior maupun interior.

Saat musim hujan atau panas, dia juga dapat membuat suasana ruangan tetap adem dan tidak terpengaruh oleh suhu luar. Artinya, aluminium akan menciptakan kesan nyaman di ruangan.

Soal pilihan ruangan, aluminium memang memiliki pilihan ruang yang lebih luas karena bisa ditempatkan di bagian luar dan dalam rumah.

Sebagai contoh, dia sangat cocok ditempatkan sebagai penghubung antara taman belakang dan ruang keluarga. Umumnya, mengkombinasi dengan kaca anti pecah.

Kombinasi kedua bahan ini menciptakan partisi yang bisa menghemat energi karena cahaya matahari bisa dengan bebas keluar masuk ruangan. Artinya, saat siang hari, Anda tidak perlu menyalakan lampu rumah.

Selain itu, kombinasinya juga bisa menciptakan ruangan yang lega baik saat tertutup maupun terbuka. Terlebih, kaca dan aluminium juga dapat memberikan kesan modern dan minimalis pada sebuah rumah.

Itulah beberapa ulasan perbandingan antara PVC dan aluminium sebagai material utama pembentuk penyekat ruang. Selamat memilih mana yang terbaik untuk rumah Anda.

Baca Juga

Harga Partisi Lipat Buat Kantor dan Rumah + tips Memilih


admin

specialis di bidang pintu dan aksesoris

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *